Silabus IPA Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus IPA Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus IPA Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus IPA Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 termasuk kedalam daftar mata pelajaran produktif C1 pada jenjang SMK untuk bidang keahlian bisnis dan manajemen program keahlian akuntansi dan keuangan kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga

RPP adalah singkatan dari Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran sedangkan Silabus adalah serangkaian rancangan dasar pelaksanaan pembelajaran yang meliputi Kompetensi Dasar, Materi Pokok Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi waktu, dan Sumber Belajar. Sedangkan yang akan saya bagikan kali ini adalah Silabus IPA Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Guru diwajibkan membuat RPP beserta Silabus berdasarkan bidang studi yang diajarkan sesuai dengan Kurikulum yang berlaku, seperti Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Menyusun RPP dan Silabus IPA kelas 10 SMK kurikulum 2013 revisi merupakan pekerjaan yang paling dibenci oleh sebagian guru IPA. Oleh sebab itu kami hadir untuk membantu memecahkan masalah tersebut.

Menyusun dan memiliki RPP IPA kelas 10 SMK Kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap dengan Silabus merupakan pekerjaan yang tidak bisa di anggap remeh semua butuh waktu dan tenaga dalam menyusunnya, Tujuan guru menyusun dan memiliki RPP dan Silabus adalah untuk setoran semesteran kepada pengawas (kata teman saya). RPP dan Silabus itu bukan untuk diterapkan oleh guru di kelas, tetapi murni untuk diberikan kepada pengawas. Sebelum pengawas datang ke sekolah bapak/ibu guru, segera download RPP dan Silabus IPA kelas 10 SMK Kurikulum 2017 di bawah ini.

Untuk memastikan kebenaran isi dalam silabus IPA Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut ini saya lampirkan Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar Mata Pelajaran IPA Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017.

KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

3.1 Memahami gejala alam biotik dan abiotik
4.1 Mengklasifikasikan gejala alam biotik dan abiotik
3.2 Menerapkan prosedur mitigasi bencana alam
4.2 Melakukan simulasi mitigasi bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar
3.3 Menganalisis materi dan perubahannya
4.3 Melakukan percobaan perubahan materi
3.4 Memahami komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
4.4 Mengklasifikasikan komponen-komponen ekosistem dan bentuk interaksi dalam ekosistem
3.5 Menganalisis keseimbangan lingkungan
4.5 Merumuskan upaya dalam menjaga keseimbangan lingkungan kerja
3.6 Menganalisis limbah di lingkungan sekitar
4.6 Melakukan penanganan limbah di lingkungan sekitar
3.7 Menganalisis polusi di lingkungan sekitar
4.7 Memecahkan masalah dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
3.8 Mengevaluasi AMDAL.
4.8 Melakukan kajian tentang AMDAL pada lingkungan sekitar
3.9 Menerapkan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
4.9 Melakukan pencegahan bahaya/kecelakaan di lingkungan kerja

Untuk mendapatkan Silabus IPA Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 lengkap silahkan download file nya di bawah ini.

 
Baca Juga:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »