Silabus Sistem Komputer Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

silabus sistem komputer kelas 10 smk revisi 2017
Silabus Sistem Komputer Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Sistem Komputer Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017  Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak

RPP kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sedangkan Silabus adalah serangkaian rancangan dasar pelaksanaan pembelajaran yang meliputi Kompetensi Dasar, Materi Pokok Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi waktu, dan Sumber Belajar. Pada kesempatan yang baik ini saya akan membagikan Silabus Sistem Komputer Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak

RPP dan Silabus untuk Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak harus dimiliki oleh seorang guru khususnya guru mata pelajaran sistem komputer yang mengajar pada kelas tersebut tujuannya agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik sehingga tercapailah tujuan dalam pembelajaran.

Silabus Sistem Komputer Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak terdiri dari 10 kompetensi dasar dengan sebagai berikut:

3.1 Memahami sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal)
4.1 Mengkonversikan sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal) dalam memecahkan masalah konversi
3.2 Menganalisis relasi logika dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND, EXOR, EXNOR); (Flip Flop, counter)
4.2 Merangkai fungsi gerbang logika dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR);melalui ujicoba (Flip Flop, counter)
3.3 Menerapkan operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
4.3 Mempraktikkan operasi Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
3.4 Mengklasifikasikan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
4.4 Mengoperasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register)
3.5 Menerapkan elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika)
4.5 Mempraktikkan fungsi kelistrikan dan komponen elektronika)
3.6 Menerapkan dasar dasar mikrokontroler
4.6 manipulasi dasar-dasar mikrokontroler (port IO, clock, arsitektur RISK, general purpose RISK, stack pointer, SRAM, EEPROM, SREG)
3.7 Menganalisis blok diagram dari sistem mikro komputer (arsitektur komputer)
4.7 Menyajikan gambar minimal sistem mikro komputer berdasarkan blok diagram dan sistem rangkaian (arsitektur computer)
3.8 Mengevaluasi Perangkat Eksternal / Peripheral
4.8 Merangkai perangkat eksternal dengan consule unit
3.9 Menganalisis memori berdasarkan karakteristik sistem memori (lokasi,kapasitas, kecepatan, cara akses, tipe fisik)
4.9 Membuat alternatif kebutuhan untuk memodifikasi beberapa memori dalam sistem computer
3.10 Menganalisa Struktur CPU dan fungsi CPU
4.10 Menyajikan Rangkaian internal CPU

Para rekan guru tidak perlu menyusun RPP dan Silabus dengan kepala sendiri, tetapi cukup dengan mendownload dari Internet. Cara mendownloadnya pun cukup mudah dengan mencari di google. Untuk mendownload RPP dan Silabus Sistem Komputer Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak silakan download pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini.


Guru diwajibkan membuat RPP beserta Silabus berdasarkan bidang studi yang diajarkan sesuai dengan Kurikulum yang berlaku, seperti Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013.

Demikian, Semoga Silabus Sistem Komputer Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak ini bisa bermanfaat 
 
Baca juga:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »