Aur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) PJOK Kelas XI Fase F Kurmer

Aur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) PJOK Kelas XI Fase F Kurmer
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan serangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun sistematis dan logis sesuai urutan kegiatan pembelajaran dari awal hingga akhir suatu fase. Pendidik dapat menentukan alur tujuan pembelajaran masing-masing yang disesuaikan dengan kondisi sekolah dan kebutuhan peserta didik.

Pendidik dapat berkreasi menciptakan kegiatan pembelajaran kreatif dan bermakna agar peserta didik dapat memahami konsep dan nilai-nilai yang ingin di tanamkan dalam setiap materi pembelajaran.

Setiap tahapan pembelajaran harus berkesinambungan agar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pendidik harus selalu melakukan evaluasi hasil belajar peserta didiknya. Jika ditemukan ada tujuan pembelajaran yang belum tercapai, maka pendidik harus melakukan pengulangan pada proses pembelajaran dengan metode dan strategi yang berbeda yang dapat mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran tersebut.

Kegiatan pembelajaran berbasis aktivitas memiliki kekuatan pada tiga aspek yaitu pengetahuan, karakter, dan keterampilan. Ketiganya harus saling berkaitan agar dapat memenuhi kebutuhan dalam menghadapi tantangan di kehidupan masa sekarang dan masa yang akan datang. Pembelajaran berbasis aktivitas memudahkan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Peserta didik dapat menemukan sendiri makna, nilai, dan pengetahuannya tentang pembelajaran yang telah ia lakukan, pembelajaran menjadi aktif, interaktif, menarik, dan menyenangkan.

Dalam upaya merealisasikan capaian pembelajaran pada pembelajaran pendidikan jasmani dan olahrag di Kurikulum Merdeka para pendidik diberikan keleluasaan dan kebebasan untuk mengembangkan dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan kondisi lingkungan sekolah.

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) PJOK Kelas XI Fase F Kurikulum merdeka ini memiliki tujuan pembelajaran yang inspiratif sehingga layak untuk dijadikan sebagai acuan dalam proses pembelajaran, akan tetapi pendidik juga harus menyesuaikannya dengan kebutuhan peserta didik dan kondisi di sekolah masing-masing.

Capaian pembelajaran telah dirumuskan secara umum, pendidik dapat merumuskan alur tujuan pembelajaran berdasarkan capaian pembelajaran tersebut secara lebih terperinci sesuai kebutuhan peserta didik dan kondisi sekolahnya. Untuk itu dalam merumuskan tujuan pembelajaran pendidik perlu melakukan diskusi dengan rekan pendidik lainnya untuk menentukan substansi materi yang akan dibahas perfase agar tidak terjadi ketidak harmonisan dalam penyajian materi dan tujuan pembelajaran.

Ada dua hal yang menjadi fokus utama capaian pembelajaran pada Kurikulum Merdeka yaitu kompetensi dan konten. Tujuan pembelajaran dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang sesuai dengan rumusan capaian pembelajaran sehingga kompetensi yang ingin dicapai dapat terlaksana dalam setiap tahap kegiatan pembelajaran.

Untuk mendapatkan Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) PJOK Kelas XI Fase F Kurikulum merdeka ini silahkan download filenya di bawah ini.

Jika para rekan guru ingin mengkonversi file ATP PJOK kelas XI ini dari pdf kedal bentuk word/doc atau lainnya silahkan gunakan paswword baliklagikan. Semoga bermanfaat.

Bagi para rekan guru PJOK yang berminat untuk mendapatkan dan memiliki perangkat ajr lengkap kurikulum merdeka silahkan pesan DISINI atau bisa menghubungi nomor Telp/Wa: 081350504500

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »