Silabus Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) Kelas XI SMK/MAK Revisi 2017

http://smkindonesia1.blogspot.com/
Silabus Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) Kelas XI SMK/MAK Revisi 2017
Silabus Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan sesuai DENGAN KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH NOMOR : 330/D.D5/KEP/KR/2017 TANGGAL : 09 Juni 2017 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN MUATAN NASIONAL A), MUATAN KEWILAYAHAN (B), DASAR BIDANG KEAHLIAN (C1), DASAR PROGRAM KEAHLIAN (C2), DAN KOMPETENSI KEAHLIAN (C3)

Kegiatan Pembelajaran pada Silabus Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini hanya merupakan model. Guru dapat memperkaya dan menyesuaikan dengan sumber daya yang ada, karakteristik dan kekhasan daerah/sekolah sesuai dengan potensi siswa serta kebutuhan daerah. Kebutuhan daerah adalah segala sesuatu yang diperlukan oleh masyarakat di suatu daerah, khususnya untuk kelangsungan hidup dan peningkatan taraf kehidupan masyarakat yang disesuaikan dengan arah perkembangan daerah serta potensi daerah.

Penyesuaian ini harus tetap memperhatikan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Guru sebaiknya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Buku Teks (Buku Siswa dan Buku Guru), dan lembar kerja siswa (LKS) sebagai sumber belajar. Lembar kerja siswa sedapat mungkin disusun oleh guru dengan memberi peluang untuk berkembangnya kreativitas siswa yang terlibat dalam merancang prosedur kegiatan. Lembar kerja siswa merupakan panduan bagi siswa untuk melakukan sesuatu yang menghasilkan kemampuan berpikir. Selain itu guru diharapkan dapat mengaitkan dengan lingkungan, sumber daya alam, dan energi di sekitarnya dan konteks global, agar siswa dapat memelihara dan memanfaatkan lingkungannya sebagai sumber belajar.

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

Untuk mendapatkan Silabus Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Silahkan unduh filenya pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Baca Juga:
Silabus Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak Revisi 2017
Silabus Matematika Teknologi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Matematika Teknologi Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Seni Budaya Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Sistem Komputer Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
18 Desember 2018 pukul 20.40 delete

Trima kasih, konten ok .....
sayang iklannya menggugah semangat yang tidak pantas untuk anak" kita....

Reply
avatar
1 Januari 2019 pukul 22.26 delete

segera kami sesuaikan.
mohon maaf atas ketidaknyamannya dan terima kasih atas masukannya

Reply
avatar