Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Biologi Kelas XI Fase F KURMER

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Biologi Kelas XI Fase F KURMER
Biologi adalah kajian fenomena kehidupan dan makhluk hidup yang mencakup struktur, isiologi, morfologi, ruang hidup, serta asal muasal dan distribusinya. Biologi juga mengkaji makhluk hidup dan karakteristik kehidupannya dari masa ke masa. Cakupan materi biologi pada fase F meliputi struktur sel, bioproses dalam sel, genetika, evolusi, sistem organ, struktur, isiologi pada manusia, pertumbuhan dan perkembangan, serta inovasi teknologi biologi. Merujuk pada hakikat sains sebagai proses dan produk, maka ada dua elemen dalam mata pelajaran ini yang mencakup (1) pemahaman biologi (Mencakup materi keanekaragaman hayati dan peranannya, virus dan peranannya, perubahan lingkungan, ekosistem, bioteknologi, biologi sel, sistem organ pada manusia, evolusi, genetika, pertumbuhan dan perkembangan, serta inovasi teknologi biologi) dan (2) keterampilan proses. (Keterampilan saintiik yang mencakup (1) mengamati, (2) mempertanyakan dan memprediksi, (3) merencanakan dan melakukan penyelidikan, (4) memproses dan menganalisis data dan informasi, (5) mengevaluasi dan mereleksi dan (6) mengomunikasikan hasil).
Pada struktur Kurikulum Merdeka, pembelajaran di tingkat SMA Kelas XI masuk ke dalam fase F. Capaian pembelajaran Biologi pada fase F meliputi elemen pemahaman Biologi dan keterampilan proses untuk membangun dan menamkan sikap ilmiah dan Proil Pelajar Pancasila. Capaian pembelajaran lebih lanjut disajikan dalam tabel berikut:
Capaian pembelajaran Biologi untuk fase F ini kemudian diturunkan menjadi capaian pembelajaran Biologi per tahun. Untuk tahun pertama di Kelas XI, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan mendeskripsikan bioproses yang terjadi dalam sel, menganalisis keterkaitan struktur dan fungsi organ pada sistem organ serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut serta memiliki kemampuan menerapkan konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan pembelajaran per tahun dirumuskan dalam delapan bab pembelajaran yang disusun berdasarkan runutan materi dengan cakupan dan batasan yang berpedoman pada capaian pembelajaran kurikulum Merdeka. Alur Tujuan Pembelajaran dirumuskan oleh penulis dan merupakan alternatif yang dapat digunakan oleh Guru dalam menyelenggarakan pembelajarannya. Di samping itu, Guru dapat menggunakan alternatif Tujuan Pembelajaran lainnya atau menyusun sendiri sesuai dengan karakteristik peserta didik, serta situasi dan kondisi sekolah.

Pada pembelajaran Bab 1 tentang “Menjelajah Sel”,
peserta didik diharapkan mampu:
1. Melakukan pengamatan struktur sel dengan menggunakan mikroskop.
2. Mengevaluasi dan mereleksi kesimpulan hasil pengamatan dan membandingkannya dengan teori.
3. Mengomunikasikan hasil pengamatan struktur sel.
4. Menjelaskan struktur sel berdasarkan hasil penyelidikan.

Pada pembelajaran Bab 2 tentang “Pergerakan Zat Melalui Membran”,
peserta didik diharapkan mampu:
1. Merumuskan pertanyaan ilmiah dan hipotesis yang dapat diselidiki tentang transpor membran.
2. Mengomunikasikan hasil penyelidikan tentang transpor membran menggunakan representasi yang sesuai.
3. Menganalisis transpor membran melalui kegiatan penyelidikan .

Pada pembelajaran Bab 3 tentang “Regulasi pada Tumbuhan”, peserta
didik diharapkan mampu:
1. Merencanakan dan melakukan penyelidikan tentang keterkaitan struktur organ pada sistem organ tumbuhan dengan fungsinya.
2. Menganalisis data hasil penyelidikan tentang keterkaitan struktur organ pada sistem organ tumbuhan dengan fungsinya.
3. Mengomunikasikan hasil penyelidikan keterkaitan struktur organ pada sistem organ tumbuhan dengan fungsinya.

Pada pembelajaran Bab 4 tentang “Transport dan Pertukaran Zat pada Tubuh Manusia”, 
peserta didik diharapkan mampu:
1. Menganalisis keterkaitan peran antar sistem organ (sirkulasi, pernapasan, pencernaan dan ekskresi) pada proses transport dan pertukaran zat pada tubuh manusia.
2. Menyelidiki fenomena terkait proses transport dan pertukaran zat pada tubuh manusia beserta kelainannya.
Pada pembelajaran Bab 5 tentang “Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit”, peserta didik diharapkan mampu:
1. Menganalisis keterkaitan peran antar komponen penyusun sistem pertahanan tubuh pada manusia.
2. Menyelidiki peran dan proses sistem tubuh dan kaitannya dengan penyakit.

Pada pembelajaran Bab 6 tentang “Mobilitas pada Manusia”, 
peserta didik diharapkan mampu:
1. Merumuskan pertanyaan dan hipotesis tentang keterkaitan organ dalam sistem saraf dan gerak pada manusia dengan fungsinya.
2. Merencanakan penyelidikan tentang keterkaitan organ dalam sistem saraf dengan fungsinya.
3. Mengomunikasikan hasil penyelidikan keterkaitan antara sistem gerak dan sistem saraf pada manusia.
4. Menganalisis kelainan atau gangguan terkait sistem saraf dan gerak manusia melalui penafsiran informasi atau data.

Pada pembelajaran Bab 7 tentang “Hormon dalam Reproduksi Manusia”,
peserta didik diharapkan mampu:
1. Merumuskan pertanyaan dan prediksi tentang keterkaitan fungsi hormon dengan struktur dan fungsi organ dalam sistem reproduksi manusia.
2. Menyelidiki keterkaitan fungsi hormon dengan struktur dan fungsi organ dalam sistem reproduksi manusia melalui hasil pengamatan.
3. Mengomunikasikan hasi penyelidikan keterkaitan fungsi hormon dengan struktur dan fungsi organ dalam sistem reproduksi manusia melalui hasil pengamatan
4. Menganalisis kelainan atau gangguan terkait fungsi hormon, struktur dan fungsi organ dalam sistem reproduksi berdasarkan analisis data primer (hasil observasi lapangan) maupun sekunder (jurnal/artikel).

Pada pembelajaran Bab 8 tentang “Tumbuh Kembang Makhluk Hidup”,
peserta didik diharapkan mampu :
1. Menyelidiki proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup di sekitar.
2. Memprediksi pola pertumbuhan makhluk hidup berdasarkan data hasil penyelidikan.
3. Menganalisis informasi dan data terkait faktor faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dari berbagai sumber.
4. Mengevaluasi dan mereleksi hasil penyelidikan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup berdasarkan data dan membandingkannya dengan teori.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Alur dan tujuan Pembelajaran (ATP) Biologi Kelas XI Fase F silahkan download filenya pada akhir artikel ini.

Buat para rekan guru yang berminat untuk memiliki Modul Ajar Biologi Kelas XI Lengkap untuk 1 tahun 2 semester silahkan pesan DISINI atau bisa menghubungi nomor Telp/Wa: 0813505040500

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »