Silabus Seni Budaya Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://drive.google.com/open?id=1LKsmiEuJRjpXmGQfufTHrmu-jALgSQiO
Seni Budaya berperan penting dalam perkembangan dan kebutuhan siswa karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatannya. Pembelajaran Seni Budaya dilakukan dengan memberikan pengalaman estetik yang mencakup konsepsi, apresiasi, kreasi dan koneksi. Keempat hal tersebut selaras dengan Kompetensi Inti yang ada pada Kurikulum
2013

Mata pelajaran Seni Budaya memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai keterpaduannya. Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuh kembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam seni budaya. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.

Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa mampu memiliki pengetahuan apresiasi dan kreasi melalui berkarya seni rupa, musik, tari dan teater. Selain itu juga harus memperhatikan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum, mudah diajarkan oleh guru (teachable), mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan- keunggulan local. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa.
Di bawah ini merupakan silabus Seni Budaya Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 revisi 2017, untuk mendapatkannya silahkan download disini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

9 comments

comments
25 Juli 2018 pukul 09.40 delete

silabus seni budaya kelas x semester 2 kok ga da ya?...

Reply
avatar
1 Januari 2019 pukul 19.25 delete

Yang semester 2 ada ga kak?

Reply
avatar
1 Februari 2019 pukul 20.48 delete

Seni budaya semester 2..ada nggak?

Reply
avatar
24 Juli 2019 pukul 23.05 delete

minta silabus semester 2 pak

Reply
avatar
30 Juli 2019 pukul 08.53 delete

Rpp lengkap ny dmn ya ? Kok cuma 3.1 pak,terimakasih

Reply
avatar
25 April 2020 pukul 07.32 delete

Silabus seni budaya semester 2 nya ko g ada

Reply
avatar