Modul Ajar Dasar-Dasar Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian Kelas X SMK Kurikulum Merdeka 2022

Modul Ajar Dasar-Dasar Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian Kelas X SMK Kurikulum Merdeka 2022
Modul Ajar Dasar-Dasar Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian / Proses bisnis secara menyeluruh di bidang industri pengolahan hasil pertanian Kelas X SMK Semester 1 ini sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum 2022 / Kurikulum Merdeka.
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami proses bisnis industri pengolahan hasil pertanian, antara lain tentang klasifikasi industri, lingkup usaha, penerapan K3LH, perencanaan produk, mata rantai pasok (supply chain), logistik, proses produksi, penggunaan dan perawatan peralatan bidang, serta pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal.

TUJUAN PEMBELAJARAN
⮚ Memahami klasifikasi dan lingkup industri di bidang agriteknologi hasil pertanian
⮚ Memahami perencanaan produksi di industri pengolahan hasil pertanian dan penerapan K3LH
⮚ Memahami rantai pasok dan logistik hasil dan produk pertanian
⮚ Memahami pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal

KRITERIA KETERCAPAIAN
✔ Mampu memahami klasifikasi dan lingkup industri di bidang agriteknologi hasil pertanian
✔ Mampu perencanaan produksi di industri pengolahan hasil pertanian dan penerapan K3LH
✔ Mampu memahami rantai pasok dan logistik hasil dan produk pertanian
✔ Mampu memahami pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal

KONSEP UTAMA
⮚ Klasifikasi dan lingkup industri di bidang agriteknologi hasilpertanian
⮚ Perencanaan produksi diindustri pengolahan hasilpertanian dan penerapan K3LH
⮚ Rantai pasok dan logistik hasildan produk pertanian
⮚ Pengelolaan sumber dayamanusia dengan memperhatikanpotensi dan kearifan lokal

PENGETAHUAN/ KETERAMPILAN PRASYARAT
✔ Memahami Mata pelajaran Prakarya Tingkat SMP khususnya di bidang pengolahan hasil pertanian
✔ Mengoperasikan aplikasi desain sederhana lewat gadget atau komputer
✔ Mengenal moda pencari digital ilmiah
✔ Mengenal berbagai jenis mediasosial
✔ Mampu menggunakan mesin pencari digital informasi ilmiah
✔ Menyimpulkan dan mengembangkan intisari tulisan

PROFIL PELAJAR PANCASILA
✔ Bernalar kritis, kreatif, dan bergotong-royong dalam memanfaatkan fasilitas, peralatan dan bahan pembelajaran, serta perkembangan teknologi pada proses bisnis secara menyeluruh di bidang industri pengolahan hasil pertanian untuk menyelesaikan permasalahan kontekstual dunia nyata.
✔ Mempunyai kepedulian terhadap permasalahan lingkungan.
✔ Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan.
✔ Menganalisis dan mengevaluasi penalaran.

KATA KUNCI, TOPIK / KONTEN INTI: Komponen, proses dan sumberdaya

PERTANYAAN INTI
1. Jelaskan klasifikasi industri dan lingkup industri di bidang agriteknologi pengolahan hasil pertanian !
2. Bagaimanakah proses perencanaan produksi di industri pengolahan hasil
pertanian dan penerapan K3LH dalam proses produksi tersebut ?
3. Bagaimanakah rantai pasok dan logistik hasil dan produk pertanian saat ini ?
4. Berikan gambaran tentang pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal !

SARANA DAN PRASARANA
✓ Komputer/ Laptop/ Smartphone, Jaringan internet, Proyektor/ LCD
✓ Ruang praktik di sekolah/teaching factory
✓ Pabrik di luar sekolah (UMKM, UKM, dan/atau perusahaan besar)

TARGET PESERTA DIDIK :
Target perangkat ajar ini dapat digunakan guru untuk mengajar: Peserta didik reguler
Jumlah peserta didik dalam pembelajaran untuk maksimal 36 peserta didik

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »