RPP Industri Perhotelan Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

smkindonesia1.blogspot.com
RPP Industri Perhotelan Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMK INDONESIA 1
Mata Pelajaran : Industri Perhotelan
Bidang Keahlian : Pariwisata
Materi Pokok : Mengenal Industri Perhotelan
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 16 JP( 4 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual,konseptual, operasional dasar,dan metakognitif sesuai denganbidang dan lingkup kerja Perhotelan pada tingkat teknis,spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional,dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Akomodasi Perhotelan . Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1. Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Mendeskripsikan industri perhotelan
4.1 Menunjukkan informasi tentang industri perhotelan
2. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1. Menjelaskan definisi industry perhotelan
3.1.2. Menjelaskan hotel sebagai hospitality industri
3.1.3. Menjelaskan hubungan hotel dengan kepariwisataan
3.1.4. Menjelaskan peranan hotel dalam perekonomian nasional maupun global
3.1.5. Menjelaskan ruang lingkup usaha hotel
4.1.1 Mengumpulkan informasi industry perhotelan
4.1.2 Mencari data tentang peranan hotel dalam perekonomian
4.1.3 Melaporkan hasil kajian ruang lingkup industry perhotelan

Baca Juga:

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan pengertian dari usaha hotel, Memahami bahwa hotel adalah bagian dari hospitality industry, serta mampu Mendeskripsikan ruang lingkup usaha perhotelan dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
Mengenal Industri Perhotelan
1) Pengertian Hotel
2) Hotel sebagai suatu Hospitality Industry
3) Peran Hotel dalam Perekonomian Global
4) Fungsi dan Peranan Hotel dalam Perekonomian Nasiona
5) Karakteristik Hotel
6) Ruang Lingkup Usaha Perhotelan
7) Hotel, Ibadah dan Hakikat Manusia Utuh

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar industri perhotelan Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMK INDONESIA 1                         Guru Mata Pelajaran



……………………………………                ………………………………….
NIP/NRK.                                                       NIP/NRK.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »