Silabus Housekeeping Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

smkindonesia1.blogspot.com
Silabus Housekeeping Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus Housekeeping Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian : Pariwisata Program Keahlian : Perhotelan & Jasa Pariwisata Kompetensi Keahlian : Perhotelan (C3)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Perhotelan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Perhotelan
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

Baca Juga:

Silabus Front Office Kelas 11 dan 12 SMK Revisi 2017
Silabus Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Bahasa Inggris kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Fisika Pertanian Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Otomatisasi Tata Kelola Keuangan Kelas 11 SMK Revisi 2017


Kompetensi Dasar

3.1 Mendeskripsikan Public Area section
4.1 Menunjukan Public Area section
3.2 Memahami Pemilihan dan Penataan Peralatan
4.2 Melakukan Pemelihan dan Penataan Peralatan
3.3 Memahami Pemilihan Bahan Pembersih
4.3 Melakukan Pemilihan Bahan Pembersih
3.4 Menganalisis jenis dan Objek yang akan dibersihkan
4.4 Menunjukan jenis dan objek yang akan dibersihkan
3.4 Menganalisis Pembersihan Area kering dan Basah
4.5 Melakukan Pembersih Area yang kering dan basah
3.6 Menganalisis Penyimpanan Peralatan Pembersih dan Bahan Kimia
4.6 Melakukan Penyimpanan Peralatan Pembersih dan Bahan Kimia
3.7 Menganalisis Penataan Taman di Dalam dan Luar Ruangan
4.7 Melakukan Penataan ruang Serbaguna
3.8 Menganalisis Berbagai Jenis dan Bentuk Rangkaian Bunga
4.8 Membuat Berbagai Jenis dan Bentuk Rangakaian Bunga 3.9 Menganalisis jenis dan Objek yang akan dibersihkan
4.9 Menunjukan jenis dan objek yang akan dibersihkan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »