RPP 1 Lembar Fisika Agribisnis dan Agroteknologi (Pertanian)

https://smkindonesia1.blogspot.com/
RPP 1 Lembar Fisika Agribisnis dan Agroteknologi (Pertanian)
RPP 1 Lembar Fisika Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (C1) sesuai Arahan kebijakan baru dalam menyusun RPP adalah Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP, 3 komponen inti (komponen lainnya bersifat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri): Tujuan pembelajaran, Kegiatan pembelajaran dan Asesmen 1 halaman cukup, Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri sebagai bahan referensi berikut ini saya bagikan RPP 1 Lembar Mata Pelajaran Fisika Pertanian Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 sesuai dengan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMK N
Mata Pelajaran : Fisika Pertanian
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Materi Pokok : Besaran dan Satuan
Pertemuan Ke : 1

Download juga silabus Fisika Pertanian Kelas X SMK Kurikulum 2013
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat menjelaskan Besaran dan Satuan, Menerapkan aturan angka penting dan notasi ilmiah pada data hasil pengukuran,Menentukan prinsip- prinsip pengukuran beberapa alat ukur dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, sertaresponsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan

  • Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
  • Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
  • Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan

b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Orientasi Peserta didik pada masalah

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Besaran dan Satuan

Mengorganisasi peserta didik
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Besaran dan Satuan
Download juga Buku Fisika Agribisnis dan Agroteknologi (Pertanian) Kelas X SMK Kurikulum 2013
Membimbing penyelidikan individu/kelompok
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Besaran dan Satuan

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Besaran dan Satuan

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Besaran dan Satuan

c. Kegiatan penutup
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
Download juga RPP 1 Lembar IPA TERAPAN Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020
3. Penilaian
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis dan pilihan Ganda
Penilaian Keterampilan : Portofolio, Praktik, dan proyek
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.

Demikan Contoh RPP 1 Lembar Fisika Agribisnis dan Agroteknologi Semoga bermanfaat,

Jika Para rekan guru berminat untuk menddapatkan RPP 1 Lembar Fisika Agribisnis dan Agroteknologi full untuk semua KD satu tahun dua semester silahkan klik DISINI.
atau bisa juga menghubungi langsung ke no Wa/Telp 0813-5050-4500

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »