RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017

http://smkindonesia1.blogspot.com
RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Mata pelajaran Bahasa Inggris untuk jenjang pendidikan SMK/MAK bertujuan mengembangkan potensi siswa agar memiliki kompetensi komunikatif dalam teks interpersonal, transaksional, dan fungsional, dengan menggunakan berbagai teks berbahasa Inggris lisan dan tulis. Melalui penggunaan teks-teks tersebut, siswa dibimbing untuk menggunakan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, serta menanamkan nilai-nilai luhur karakter bangsa, dalam konteks kehidupan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat

Seperti kurikulum mata pelajaran lainnya, Kurikulum Bahasa Inggris merupakan bagian dari Kurikulum 2013, yang ruang lingkup pengelolaannya dimulai dari merumuskan Kompetensi Dasar (KD). KD yang dirumuskan adalah KD 3 dan KD 4, untuk mengejawantahkan KI-3 dan KI-4. Kompetensi sikap yang tercantum dalam rumusan KI-1 dan KI- 2 tidak secara eksplisit diturunkan ke dalam Kompetensi Dasar karena kompetensi sikap dikembangkan secara tidak langsung dan diintegrasikan ke dalam proses pembelajarannya. Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Baca Juga:

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 tunduk pada ketentuan tersebut, hanya saja para rekan guru khususnya guru bahasa inggris SMK sering menemui kesulitan dalam membuat dan menyusun RPP bahasa inggris, lalu apa saja sebenarnya yang menjadi kendala ?

Secara umum kesulitan dalam penyusunan RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 dirincikan sebagai berikut.

Kesulitan pertama, guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jika guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunannya, maka secara otomatis rasa malas akan muncul ketika hendak menyusunnya. Sebenarnya ini adalah alasan klasik, karena pada tahun-tahun ini pemerintah sudah menggalakkan berbagai program sosialisasi yang menyangkut penyusunan RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Kesulitan kedua, perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum akan berimbas kepada perubahan susunan komponen dalam RPP. RRPP Bahasa Inggris Kelas 11SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 disusun mengikuti kaidah-kaidah dalam kurikulum. Kurikulum yang berlaku sekarang adalah Kurikulum 2013 Revisi 2017. Ini artinya RPP Kurikulum 2013 yang disusun sekarang akan berbeda susunannya dengan RPP pada kurikulum sebelumnya (KTSP). Perubahan ini seringkali menyulitkan guru dalam menyusun perangkat Pembelajaran.

Kesulitan ketiga, minimnya penguasaan teknologi komputerisasi para guru. Guru pada generasi-generasi terdahulu (atau yang disebut sebagai guru-guru yang berusia tua) rata-rata gagap akan teknologi komputerisasi. Segala pekerjaan yang menyangkut penyusunan kata-kata dalam suatu teks, termasuk dalam menyusun RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017, akan sangat mudah jika dikerjakan dengan bantuan komputer maupun laptop. Bayangkan saja jika RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang kini bisa dicopy-paste dari file buku guru harus ditulis manual dengan tangan. Pasti akan memakan waktu yang cukup lama, dan pastinya akan menjadi permasalahan yang menyulitkan guru.

Dalam rangka membantu para rekan guru khususnya guru mata pelajaran bahasa inggris kelas 11 SMK/MAK dalam membuat dan menyusun RPP Bahasa Inggris Berikut ini saya bagikan RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »