Silabus Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

http://smkindonesia1.blogspot.com
Silabus Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017


Silabus Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (C3) Jam Pelajaran 594 JP (@ 45 Menit).

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Baca Juga:

👉 Silabus Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
👉 Silabus Otomatisasi Tata Kelola Keuangan Kelas 11 SMK Revisi 2017
👉 Silabus Proses Cetak Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
👉 Silabus Front Office Kelas 11 dan 12 SMK Revisi 2017
👉 Silabus Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (C3) Jam Pelajaran 594 JP (@ 45 Menit) ini disusun untuk melengkapi kebutuhan para rekan guru khusus nya Guru mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dalam melengkap dan menyusun administrasi sekolah atau dalam menunjang pelaksanaan kurikulum 2013 revisi tahun 2017.

Isi pada Silabus Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XII SMK Revisi 2017 ini terbagi kedalam tujuh kolom yang terdiri dari Kompetensi Dasar (KD), Indikator pencapaian Kompetensi (IPK), Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian dan sumber belajar diramu berdasarkan dari berbagai literatur/sumber dan internet yang disesuaikan dengan pelaksanaan kurikulum 2013 revisi tahun 2017.

Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XII SMK pada kurikulum 2013 termasuk kelompok C3 untuk Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (C3) Jam Pelajaran 594 JP (@ 45 Menit). Oleh karena itu, dengan disusunnya Silabus Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XII SMK Revisi 2017 ini diharapkan dapat menjadi bekal para rekan guru khusus nya guru mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dalam menyongsong tahun ajaran baru tahun pelajaran 2018/2019 Kurikulum 2013

Penyusun menyadari Silabus Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, segala saran dan kritik yang bersifat menyempurnakan sangat penyusun harapkan. Akhir kata penyusun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga tersusunnya Silabus BPemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini Semoga bisa bermanfaat.

Untuk bisa memiliki Silabus Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XII Kurikulum 2013 SMK Revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »