Remaja kelas XII SMA diharapkan telah tumbuh dewasa secara holistik. Mereka bersiap untuk menempuh ujian akhir SMA dan memasuki Perguruan Tinggi bagi yang akan menempuh kuliah tetapi bagi yang tidak kuliah, mereka akan siap untuk bekerja ditengah masyarakat. Oleh karena itu, mereka harus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan kehidupan yang lebih besar, lebih luas dari sebelumnya. Disamping itu, tanggung jawab sosial kemasyarakatan semakin luas dan hal itu menuntut mereka untuk mampu beradaptasi dengan konteks kehidupan. Tanggungjawab sebagai warga negara dalam hal demokrasi akan diwujudkan melalui keikutsertaan dalam pemilu, mereka juga sudah harus memiliki kartu identitas, yaitu Kartu Tanda Penduduk. Untuk itu, mereka harus benar-benar dipersiapkan supaya dapat mewujudkan tanggungjawab sebagai warga negara yang beragama Kristen. Topik-topik pembelajaran yang disajikan diplih dalam rangka memperkuat pembentukan iman yang mewujud dalam sikap hidup bertanggungjawab sebagai warga negara dan warga gereja. Topik mengenai demokrasi dan HAM, pemulihan kehidupan berbangsa, bernegara dan bergereja mengajarkan pada mereka bahwa dinamika yang terjadi dalam masyarakat dan gereja seringkali bertentangan dengan prinsip-prinsip iman. Oleh karena itu mereka harus mampu berpikir kritis, rasional dan menjadikan iman sebagai alat ukur dalam melaksanakan hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara dan warga gereja. Mereka juga disadarkan bahwa masyarakat dunia dan masyarakat Indonesia adalah masyarakat majemuk yang multi kultur. Yang terdiri dari berbagai bangsa, budaya, agama, ras, etnis yang memiliki dampak dan konsekwensi. Hidup dalam masyarakat seperti ini menuntut sikap bijak dan toleransi bagi sesama. Prinsip ini bukan merupakan sesuatu yang asing dalam ajaran iman Kristen karena Tuhan Yesus mengajarkan hukum kasih pada Allah dan sesama dimana solidaritas dan toleransi menjadi bagian dari hukum tersebut. Topik mengenai keutuhan ciptaan dan keugaharian menutup pembahasan di kelas XII SMA. Orang Kristen memiliki tanggung jawab dalam menjaga keutuhan ciptaan Allah. Bahwa manusia ditempatkan di bumi untuk mewakili Allah mengolah, menjaga, memelihara serta melestarikan kehidupan dalam alam raya ciptaan Allah beserta semua ciptaan yang hidup di dalamnya. Dalam rangka pelestarian kehidupan manusia dan alam raya, maka umat manusia patut menjadikan sikap ugarahi sebagai “life style” atau cara hidup disepanjang abad. Jika manusia tidak pernah merasa cukup, tidak pernah hidup dalam kesederhanaan maka mereka akan terus menguras alam sampai semua hasil alam habis kemudian bumi akan menjadi tempat yang tidak layak huni dan yang rugi adalah manusia sendiri. Hal itu sudah terasa pada zaman kini di mana hampir setiap hari kita mendengar bencana alam yang terjadi karena kelalaian manusia ataupun karena peristiwa alam itu sendiri, kehidupan manusia yang terancam karena merusak alam dan lingkungan hidup serta habitat yang ada di dalamnya. Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen menyadarkan siswa bahwa orang beriman ditempatkan di dunia sebagai wakil Allah dalam menjaga, memelihara serta melestarikan alam raya demi keberlangsungan bumi dan manusia.
Memahami perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, demokrasi dan HAM sebagai Anugerah Allah dan menjabarkannya dalam praktik. Mensyukuri dan mengembangkan talenta sebagai pemberian Allah dan menggunakan talenta yang dimiliki untuk kepentingan bangsa. Menganalisis tantangan dalam kehidupan keluarga dan membangun komunikasi yang baik serta mewujudkan nilai-nilai demokrasi dan HAM pada konteks lokal dan global. Memahami bahwa Allah membaharui memulihkan kehidupan keluarga, gereja dan bangsa, memahami keadilan sebagai dasar demokrasi dan HAM. Dan pro aktif dalam keluarga dan masyarakat. Sebagai wujud tanggung jawab orang beriman. Belajar dari karakter tokoh-tokoh dialog antar agama dan menjadikannya sebagai teladan kehidupan. Menganalisis isu-isu ras, etnis dan gender dalam rangka mewujudkan keadilan bagi semua manusia. Melakukan transformasi sosial dalam lingkup masyarakat majemuk, serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dalam rangka mewujudkan moderasi beragama. Remaja Kristen juga diharapkan memahami prinsip pemeliharaan dan pelestarian alam dan keutuhan ciptaan serta merancang kegiatan yang menunjjang upaya menjaga keutuhan ciptaan. Memahami taggung jawab memelihara alam dan mewujudkannya dalam tindakan serta menerapkan sikap ugahari demi kelestarian alam. Mengacu pada capaian fase tersebut, maka disusun capaian fase pertahun lengkap dengan alur konten atau materi.
Untuk mendapatkan Program Tahunan mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan budi pekerti kelas XII fase F kurikulum merdeka revisi 2022 silahkan download filenya di bawah ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat ajar lengkap mata pelajaran PAK kelas 12 ini silahkan pesan di: 081350504500