Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Fase F Kelas XII

Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Fase F Kelas XII
Alur dan tujuan pembelajaran bahasa indonesia fase f kelas xii kurikulum merdeka ini sengaja kami susun untuk membantu para rekan guru dalam melengkapi administrasi guru dan sekolah. ATP ini kami Sesuai dengan jumlah materi perbab nya agar lebih praktis dan efisien, Karena jika di gabungkan sekaligus biasanya akan mengurangi ketelitian kita dalam membuatnya.

Dalam Alur dan tujuan pembelajaran bahasa indonesia kelas xii ini sudah memuat capaian pembelajaran fase f dan capaian pembelajaran berdasarkan elemennya seperti berikut ini.
Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Peserta didik mampu mengkreasi gagasan dan pendapat untuk berbagai tujuan. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan berbahasa yang melibatkan banyak orang. Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri untuk selalu berkarya dengan mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di berbagai media untuk memajukan peradaban bangsa.
Elemen Menyimak : Peserta didik mampu mengevaluasi berbagai gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara; mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak.
 
Elemen Membaca dan Memirsa : Peserta didik mampu mengevaluasi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) di media cetak dan elektronik. Peserta didik mampu mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi.
 
Elemen Berbicara dan Mempresentasikan : Peserta didik mampu menyajikan gagasan, pikiran, dan kreativitas dalam berbahasa dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, sistematis, kritis, dan kreatif; mampu menyajikan karya sastra secara kreatif dan menarik. Peserta didik mampu mengkreasi teks sesuai dengan norma kesopanan dan budaya Indonesia. Peserta didik mampu menyajikan dan mempertahankan hasil penelitian, serta menyimpulkan masukan dari mitra diskusi.
 
Elemen Menulis : Peserta didik mampu menulis gagasan,pikiran, pandangan, pengetahuan metakognisi untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menulis berbagai jenis karya sastra. Peserta didik mampu menulis teks refleksi diri. Peserta didik mampu menulis hasil penelitian, teks fungsional dunia kerja, dan pengembangan studi lanjut. Peserta didik mampu memodifikasi/mendekonstruksikan karya sastra untuk tujuan ekonomi kreatif. Peserta didik mampu menerbitkan tulisan hasil karyanya di media cetak maupun digital.

Materi yang tersaji dalam buku bahasa indonesia kelas xii fase f ini terdiri dari 6 bab yang akan di pelajari dengan masing-masing rincian materi sebagai berikut.

BAB 1 MENGKRITISI INFORMASI TENTANG TOKOH (Download ATP nya Disini)
A. Mencermati Informasi tentang Tokoh
B. Mencari Informasi dari Ensiklopedia
C. Menggunakan Kata-Kata Khusus
D. Menimbang Informasi yang Valid
E. Memahami Tata Aksara (Ejaan) di dalam Kalimat
F. Mendiskusikan Kiprah Seorang Tokoh
G. Menulis Narasi dan Deskripsi
H. Menyajikan Informasi dalam Infografik

BAB 2 MEMPRESENTASIKAN IDE KEWIRAUSAHAAN (Download ATP nya Disini)
A. Menyimak Informasi Kewirausahaan dari Media Elektronik
B. Memahami dan Melakukan Instruksi Kompleks
C. Menggunakan Kosakata Baru dari Teks Kewirausahaan
D. Menggunakan Kalimat Efektif
E. Kiat Menyajikan Data di dalam Teks
F. Menulis Teks Prosedur dari Sumber Informasi yang Valid
G. Kiat Menyampaikan Gagasan secara Runut

BAB 3 MEMAHAMI DAN MENDISKUSIKAN FENOMENA KECERDASAN BUATAN (Download ATP nya Disini)
A. Menyelisik Ide Pokok dan Ide Pendukung dalam Teks Teknologi
B. Mengajukan Hipotesis Berdasarkan Informasi
C. Menggunakan Kata Khusus Bidang Teknologi Informasi
D. Berdiskusi tentang Fenomena Kecerdasan Buatan
E. Menyampaikan Pertanyaan secara Efektif
F. Mengelaborasi Perasaan untuk Memahami Masalah
G. Menggunakan Konjungsi Intrakalimat dan Antarkalimat

BAB 4 MENYAMPAIKAN OPINI TENTANG PERUNDUNGAN (Download ATP nya Disini)
A. Mengungkap Perwatakan Tokoh dalam Cerita
B. Menulis Tanggapan tentang Perundungan Secara Kreatif
C. Menyimpulkan Bacaan dengan Tampilan Grafis
D. Mengungkap Fakta, Fiksi, Opini, dan Asumsi di dalam Narasi
E. Mengenali Istilah dari Fenomena Sosial
F. Mahir Menggunakan Tanda Baca
G. Mendisikusikan Perundungan Secara Daring
H. Menjelaskan Kembali Instruksi dan Informasi Secara Akurat

BAB 5 MENGUNGKAPKAN KEKAGUMAN DALAM NARASI KEARIFAN LOKAL (Download ATP nya Disini)
A. Menemukan Fakta dan Fiksi, Opini, serta Asumsi dalam Teks Narasi dan Informasi
B. Menyelisik Akurasi Data pada Teks tentang Kearifan Lokal
C. Menilai Efektivitas Visual pada Teks Informasi
D. Memilih Informasi secara Tepat dan Akurat
E. Mengungkap Makna Kosakata Baru di Bidang Kuliner
F. Menulis Esai Berdasarkan Hasil Riset
G. Menceritakan Kearifan Lokal secara Runut dan Runtut

BAB 6 MENULIS PRAKTIK BAIK DAN CERITA TENTANG LINGKUNGAN (Download ATP nya Disini)
A. Menjelaskan Ulang Instruksi yang Kompleks
B. Menimbang Efektivitas Penyajian Data pada Informasi Lingkungan
C. Menggunakan Beragam Sumber Informasi untuk Mengambil Keputusan
D. Menjelaskan Cerita tentang Lingkungan secara Runtut
E. Menulis Cerita Pendek Bertema Lingkungan
F. Menulis Indah dengan Gaya Bahasa
G. Mengidentifikasi Akurasi Perwatakan, Alur, dan Situasi Sosial-Kemasyarakatan di dalam Novel
H. Menyajikan Instruksi Kompleks dalam Bentuk Karya Audio-Video

Bagi para rekan guru yang berminat untuk mendapatkan dan memiliki perangkat ajar lengkap Bahasa Indonesia Fase F Kelas XII kurikulum merdeka silahkan pesan DISINI atau bisa menghubungi nomor Telp/Wa: 081350504500.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »