RPP Teknologi Perkantoran Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK INDONESIA
Mata Pelajaran : Teknologi Perkantoran
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kelas / Semester : X/Ganjil
Materi Pokok : Teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan kantor virtual
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu: 4 JP( 1 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Memahami teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan virtual office
3.1.1 Mengemukakan perkembangan teknologi perkantoran
3.1.2 Menjelaskan hakikat otomatisasi perkantoran
3.1.3 Menguraikan manfaat otomatisasi perkantoran
3.1.4 Membedakan jenis-jenis otomatisasi perkantoran
3.1.5 Menjelaskan definisi kantor virtual
3.1.6 Menguraikan manfaat kantor virtual
Baca Juga :
- RPP Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Silabus Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Dasar Desain Grafis Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Bab 8 Proses Kerja Dan Pengujian Prototype
D. Materi Pembelajaran
Teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan kantor virtual
1. Perkembangan teknologi perkantoran
2. Hakikat Otomatisasi Perkantoran
3. Manfaat Otomatisasi Perkantoran
4. Jenis-jenis Otomatisasi Perkantoran
5. Definisi kantor virtual
6. Manfaat kantor virtual
7. Kelebihan dan kekurangan kantor virtual
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Teknologi Perkantoran Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMK Indonesia 1 Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.