Modul Ajar Informatika Kelas X SMK Berpikir Komputasional Kurikulum 2022 sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum 2022 / Kurikulum Merdeka.
Mata pelajaran Informatika berisi berbagai kompetensi untuk menunjang keterampilan berpikir kritis dan sistematis guna menyelesaikan beragam permasalahan umum meliputi: penerapan logika proposisi, berpikir komputasional (computational thinking), penerapan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan sistem komputasi, penggunaan jaringan komputer dan internet, penerapan keamanan data dan informasi, analisis data, penerapan algoritma pemrograman, memahami dampak sosial informatika, dan penerapan teknologi digitalisasi industri.
Struktur kurikulum pada SMK berubah pada mata pelajaran. Mata pelajaran yang semula diorganisasikan dalam 3 (tiga) kelompok, yaitu: muatan nasional, muatan kewilayahan, dan muatan peminatan kejuruan disederhanakan menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok umum dan kelompok kejuruan.
Kelompok umum adalah kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk peserta didik menjadi pribadi utuh, sesuai dengan fase perkembangan, berkaitan dengan norma-norma kehidupan baik sebagai makhluk yang berketuhanan Yang Maha Esa, individu, sosial, warga Negara Kesatuan Republik Indonesia maupun sebagai warga dunia.
Kelompok kejuruan adalah kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk peserta didik sebagai individu agar memiliki kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja serta ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
Apa saja Komponen yang harus di muat dalam Modul Ajar SMK?
Dalam Modul Ajar (perangkat ajar) SMK sekurang-kurangnya harus memuat 3 komponen inti.
1. Informasi Umum
2. Komponen Inti
3. Lampiran
Untuk isi Komponen informasi umum dapat di lihat pada contoh Modul ajar Informatika Kelas X SMK Berpikir Komputasional Kurikulum 2022 di bawah ini.
Nama: ........
Jenjang/Kelas : SMK / X
Asal sekolah : SMKN ...
Mapel : Informatika
Alokasi waktu : 8 x pertemuan 4 x 45 menit
Jumlah siswa : Maksimal 36 peserta didik
Asal sekolah : SMKN ...
Mapel : Informatika
Alokasi waktu : 8 x pertemuan 4 x 45 menit
Jumlah siswa : Maksimal 36 peserta didik
Profil pelajar Pancasila yang berkaitan :
● Mandiri
● Kreatif
● Berpikir kritis
● Mandiri
● Kreatif
● Berpikir kritis
Model pembelajaran : PJJ Daring/Paduan antara tatap muka dan PJJ (blended learning)
Fase E
Fase E
Lingkup Materi : Logika Proposisi, negasi, konjungsi, disjungsi, implikasi, inferensi, deduktif, induktif, abduktif, logika inferensi, biner, heksadesimal, problem solving, pemecahan masalah, algoritma
Tujuan Pembelajaran
BK.1. Menjelaskan pengertian proposisi
BK.2. Mengidentifikasi kalimat-kalimat proposisi
BK.3. Menjelaskan pengertian proposisi majemuk
BK.4. Menjelaskan pengertian negasi/ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan inferensi
BK.5. Memberi contoh kalimat negasi/ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan inferensi (KK)
BK.6. Menjelaskan konsep penalaran deduktif, induktif, dan abduktif
BK.7. Memberi contoh penalaran deduktif, induktif, dan abduktif (KK)
BK.8. Menganalisis suatu kasus untuk dipecahkan melalui logika inferensi (KK)
BK.9. Menjelaskan konsep bilangan biner dan heksadesimal
BK.10. Mengonversi proposisi menjadi konsep bilangan biner dan heksadesimal (KK)
BK.11. Menerapkan negasi, konjungsi, dan disjungsi pada bilangan biner dan heksadesimal
BK.12. Menerapkan operator logika proposional pada bilangan biner dan heksadesimal (KK)
BK.13. Menjelaskan konsep pemecahan masalah (problem solving)
BK.14. Mengidentifikasi masalah
BK.15. Menerapkan brainstorming untuk menguraikan permasalahan menjadi komponen-komponen yang lebih kecil (decomposition) (KK)
BK.16. Mengidentifikasi data-data terkait permasalahan
BK.17. Menganalisis pola, tren, dan keteraturan dalam data (pattern recognition) (KK)
BK.18. Mereduksi data-data yang tidak diperlukan pada penyelesaian masalah (abstraction) (KK)
BK.19. Menentukan batasan-batasan serta kriteria-kriteria dalam penyelesaian permasalahan
BK.20. Menerapkan brainstorming untuk menentukan alternatif-alternatif pemecahan masalah
BK.21. Mengevaluasi alternatif-alternatif pemecahan masalah yang sesuai dengan batasan-batasan dan kriteria-kriteria
BK.22. Menentukan alternatif pemecahan masalah (KK)
BK.23. Menyusun diagram alir sebagai perwujudan dari langkah-langkah lojik pemecahan masalah (algorithm designing) (KK)
BK.24. Menganalisis kasus sederhana atau alur proses untuk diterapkan dalam diagram alir (KK)
Kata kunci : Proposisi, negasi, konjungsi, implikasi, deduktif, induktif, abduktif, bilangan digital, system bilangan, computasional thinking, biner, heksadesimal,
Pengetahuan/keterampilan siswa sebelum mempelajari materi ini: Tidak ada
Materi ajar, alat, dan bahan : Materi ajar perpikir komputasional
Alat dan Bahan : Slide Presentasi, Modul
Sarana Prasarana :
1. Laptop/Komputer
2. Lab. Komputer/Ruang Kelas
3. Jaringan internet
Target Peserta Didik : Reguler
Kegiatan Pembelajaran Utama :
1. Pengaturan Siswa : Individu, Berkelompok
2. Metode : Diskusi, Presentasi, Demonstrasi, Proyek
Asesmen :
1. Penilaian : Asesmen Individu dan Kelompok
2. Jenis : Performa, Tertulis, Observasi
Persiapan Pembelajaran
1. Guru menyiapkan perangkat ajar, materi, LKPD
2. Guru menyiapkan rubrik penilaian dan lembar observasi
3. Guru menyiapkan alat dan bahan untuk pembelajaran
Untuk mengetahui isi komponen inti dan lampiran Modul Ajar (Perangkat Ajar) Informatika Kelas X SMK Berpikir Komputasional yang sesuai dengan Kurikulum Paradigma Baru / Kurikulum Prototipe / Kurikulum Sekolah Penggerak / Kurikulum 2022 / Kurikulum Merdeka silahkan download filenya di bawah ini.