RPP Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://smkindonesia1.blogspot.com/
RPP Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Rencana Pelaksanaan Pembelajarn (RPP) Mata Pelajaran Animasi 2D dan 3D Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Multimedia (C3) Jam Pelajaran 432 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Baca Juga:

👉 RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
👉 RPP Matematika Kelas 10 SMK Revisi 2017
👉 RPP Dasar Desain Grafis Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
👉 RPP Fisika Pertanian Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
👉 RPP Gambar Teknik Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
👉 RPP Dasar-Dasar kontruksi Bangunan Kelas 10 SMK Revisi 2017


Secara umum kesulitan dalam penyusunan RPP Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 dirincikan sebagai berikut.

Kesulitan pertama, guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jika guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunannya, maka secara otomatis rasa malas akan muncul ketika hendak menyusunnya. Sebenarnya ini adalah alasan klasik, karena pada tahun-tahun ini pemerintah sudah menggalakkan berbagai program sosialisasi yang menyangkut penyusunan RPP Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Kesulitan kedua, perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum akan berimbas kepada perubahan susunan komponen dalam RPP. RPP Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 disusun mengikuti kaidah-kaidah dalam kurikulum. Kurikulum yang berlaku sekarang adalah Kurikulum 2013 Revisi 2017. Ini artinya RPP Kurikulum 2013 yang disusun sekarang akan berbeda susunannya dengan RPP pada kurikulum sebelumnya (KTSP). Perubahan ini seringkali menyulitkan guru dalam menyusun perangkat Pembelajaran.

Kesulitan ketiga, minimnya penguasaan teknologi komputerisasi para guru. Guru pada generasi-generasi terdahulu (atau yang disebut sebagai guru-guru yang berusia tua) rata-rata gagap akan teknologi komputerisasi. Segala pekerjaan yang menyangkut penyusunan kata-kata dalam suatu teks, termasuk dalam menyusun RPP Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017, akan sangat mudah jika dikerjakan dengan bantuan komputer maupun laptop. Bayangkan saja jika RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang kini bisa dicopy-paste dari file buku guru harus ditulis manual dengan tangan. Pasti akan memakan waktu yang cukup lama, dan pastinya akan menjadi permasalahan yang menyulitkan guru.

Dalam rangka membantu para rekan guru khususnya guru mata pelajaran animasi 2D dan 3D kelas 11 SMK/MAK dalam membuat dan menyusun RPP animasi 2D dan 3D Berikut ini saya bagikan RPP Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments