RPP Biologi Bidang Keahlian Agrobisnis dan AgroTeknologi Kelas 10 SMK Revisi 2017

smkindonesia1.blogspot.com
RPP Biologi Bidang Keahlian Agrobisnis dan AgroTeknologi Kelas 10 SMK Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMK INDONESIA 1
Mata Pelajaran : Biologi
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Materi Pokok : Ruang Lingkup Biologi
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 4 JP (2 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti:
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Agribisnis dan Agroteknologi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Agribisnis dan Agroteknologi.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.1 Memahami ruang lingkup biologi berdasar permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan 
 3.1.1 Menjelaskan ruang lingkup biologi berdasarkan permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan
3.1.2 Mengidentifikasi ruang lingkup biologi berdasarkan permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan
3.1.3 Mengidentifikasi masalah tentang objek biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan

4.1 Menunjukkan masalah tentang objek biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan 
4.1.1 Menunjukkan masalah tentang objek biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat dapat mengidentifikasi ruang lingkup biologi, dan dapat mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi, dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

Baca Juga:


D. Materi Pembelajaran Reguler
Ruang lingkup biologi:

Struktur Organisasi Kehidupan
Organisasi tingkat molekul
Organisasi tingkat sel
Organisasi tingkat jaringan
Organisasi tingkat organ
Organisasi tingkat individu
Organisasi tingkat populasi
Organisasi tingkat ekosistem
Organisasi tingkat bioma
Permasalahan biologi pada berbagai objek biologi, tingkat organisasi kehidupan
Saling keterkaitan antara ilmu cabang- cabang dalam biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
Manfaat mempelajari biologi bagi diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradapan bangsa

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi) Ceramah, Diskusi,
Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector
5. Laptop
6. Bahan Tayang ( Slide power point)

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Mata Pelajaran Biologi Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Modul/bahan ajar,
3. Internet, 
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMK  INDONESIA 1             Guru Mata Pelajaran


………………………………             ……………………………….
NIP/NRK.                                            NIP/NRK.


Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
27 Oktober 2019 pukul 23.16 delete

kelanjutan RPPnya gk ada ya pak? saya butuh RPPnya klau bisa, saya minta RPPnya pak kalau boleh.
email: efendianwar168@gmail.com

Reply
avatar
1 September 2021 pukul 11.11 delete

Silabus dan RPP yang lengkap untuk smk agrobisnis apa bisa kami dpat kan ini email sya nellyagustin541@gmail.com

Reply
avatar