RPP IPA Terapan Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK INDONESIA 1
Mata Pelajaran : IPA Terapan
Bidang Keahlian : Pariwisata
Kelas / Semester : X/Ganjil
Materi Pokok : Besaran Fisika Dan Pengukuranya
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 18 JP (6 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Menerapkan besaran fisika
4.1 Mengukur besaran-besaran fisika yang digunakan di bidang pariwisata
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 1. Menjelaskan Pengertian Besaran dan Satuan
3.1 2. Mendeskripsikan cara menggunakan alat pengukur
3.1 3. Mendeskripsikan akurasi dan presisi alat pengukur
3.1 4. Mengamati adanya kesalahan pengukuran
3.1 5. Menerangkan penggunaan angka-angka penting dalam pengukuran
3.1 6. Menggunakan alat ukur yang tepat pada tiap pengukuran yang berbeda
3.1 7. Mengamati cara penggunaan beberapa alat ukur panjang, massa dan waktu yang ada di laboratorium
4.1.1 Mengukur besaran-besaran fisika yang digunakan di bidang pariwisata
Baca Juga:
- RPP Industri Perhotelan Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Teknologi Perkantoran Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Dasar Desain Grafis Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik peserta didik diharapkan mampu Menjelaskan Pengertian Besaran dan Satuan, Menganalisis Besaran dan Satuan serta mampu Mengukur besaran-besaran fisika yang digunakan di bidang pariwisata dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
Besaran Fisika Dan Pengukuranya
1. Besaran dan Satuan
a. Besaran
• Besaran Pokok
• Besaran Turunan
b. Satuan
• Penetapan Satuan Panjang
• Penetapan Satuan Massa
• Penetapan Satuan Waktu
• Penetapan Satuan Arus Listrik
• Penetapan Satuan Suhu
• Penetapan Satuan Intensitas Cahaya
• Penetapan Satuan Jumlah Zat
c. Dimensi
2. Mengkonversi Satuan Panjang, Massa dan Waktu
3. Mengkonversi Satuan Besaran Turunan
4. Mengkonversi Satuan Besaran Turunan Volume
5. Pengukuran
a. Pengukuran panjang
• Mistar (Penggaris)
• Jangka Sorong
• Mikrometer Sekrup
b. Pengukuran Massa
• Timbangan Pasar
• Neraca Dua Lengan
• Timbangan Gantung
• Neraca Ohaus
6. Angka Penting
• Penjumlahan dan Pengurangan
7. Pengukuran dan Ketidakpastian
a. Kesalahan Umum
b. Kesalahan Sistematik
• Kesalahan Kalibrasi
• Kesalahan Titik Nol
• Kesalahan Komponen Alat
• Kesalahan Paralaks
c. Kesalahan Acak
• Gerak Brown Molekul Udara
• Fluktuasi Tegangan Listrik
• Lintasan yang Bergetar
• Bising
• Radiasi latar belakang
- Ketidakpastian pada Pengukuran Tunggal
- Ketidakpastian pada pengukuran berulang
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab,
Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
7. mistar milimeter,jangka sorong,mikrometer,timbangan/neraca lengan/ Neraca pegas,
8. Stopwatch
G. Sumber Belajar
1. Direktorat Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk SMK/MAK Tahun 2017
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMK INDONESIA 1 Guru Mata Pelajaran
………………………… ……………………………
NIP/NRK. NIP/NRK.