RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Tata Busana Kompetensi Keahlian Tata Busana (C3) Tahun Pelajaran 2018/2019
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Baca Juga:
Kendala dalam menyusun RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 adalah masalah yang seringkali dihadapi dalam kehidupan pembelajaran para guru. Banyaknya kendala dalam penyusunan ini menyebabkan guru menjadi malas. Malas dalam arti kata malas menyusun RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017. Padahal sebagaimana yang kita ketahui, seorang guru itu diharuskan dan diwajibkan untuk menyusun RPP dan perangkat pembelajaran lainnya.
RPP kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebuah kata-kata singkat yang sederhana, Pada RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 inilah rencana pembelajaran guru tertuang. Guru dalam pembelajarannya yang sudah pasti memiliki tujuan-tujuan yang disebut tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran bisa dicapai dengan bersenjatakan RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017, jika RPP bisa dianalogikan sebagai senjata, apa jadinya guru berperang tanpa menggunakan senjata?
Mengingat pentingnya peran RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 bagi para guru, maka akan sangat fatal apabila guru tidak menyusunnya. Sekarang mari memikirkan jawaban dari pertanyaan berikut: Apa sih yang membuat guru malas dalam menyusun RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017?
Jawaban dari pertanyaan di atas sudah berang tentu mengarah pada penyebab dari sulitnya guru dalam menyusun RPP.
Secara umum kesulitan dalam penyusunan RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 dirincikan sebagai berikut.
Kesulitan pertama, guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jika guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunannya, maka secara otomatis rasa malas akan muncul ketika hendak menyusunnya. Sebenarnya ini adalah alasan klasik, karena pada tahun-tahun ini pemerintah sudah menggalakkan berbagai program sosialisasi yang menyangkut penyusunan RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Kesulitan kedua, perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum akan berimbas kepada perubahan susunan komponen dalam RPP. RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 disusun mengikuti kaidah-kaidah dalam kurikulum. Kurikulum yang berlaku sekarang adalah Kurikulum 2013 Revisi 2017. Ini artinya RPP Kurikulum 2013 yang disusun sekarang akan berbeda susunannya dengan RPP pada kurikulum sebelumnya (KTSP). Perubahan ini seringkali menyulitkan guru dalam menyusun perangkat Pembelajaran.
Kesulitan ketiga, minimnya penguasaan teknologi komputerisasi para guru. Guru pada generasi-generasi terdahulu (atau yang disebut sebagai guru-guru yang berusia tua) rata-rata gagap akan teknologi komputerisasi. Segala pekerjaan yang menyangkut penyusunan kata-kata dalam suatu teks, termasuk dalam RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017, akan sangat mudah jika dikerjakan dengan bantuan komputer maupun laptop. Bayangkan saja jika RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang kini bisa dicopy-paste dari file buku guru harus ditulis manual dengan tangan. Pasti akan memakan waktu yang cukup lama, dan pastinya akan menjadi permasalahan yang menyulitkan guru.
Untuk membantu meringkankan kesulitan para rekan guru dalam menyusun RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut ini saya berikan RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai bahan rekomendasi dan acuan para rekan guru dalam menyusun RPP dan perangkat pembelajaran.
RPP kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebuah kata-kata singkat yang sederhana, Pada RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 inilah rencana pembelajaran guru tertuang. Guru dalam pembelajarannya yang sudah pasti memiliki tujuan-tujuan yang disebut tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran bisa dicapai dengan bersenjatakan RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017, jika RPP bisa dianalogikan sebagai senjata, apa jadinya guru berperang tanpa menggunakan senjata?
Mengingat pentingnya peran RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 bagi para guru, maka akan sangat fatal apabila guru tidak menyusunnya. Sekarang mari memikirkan jawaban dari pertanyaan berikut: Apa sih yang membuat guru malas dalam menyusun RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017?
Jawaban dari pertanyaan di atas sudah berang tentu mengarah pada penyebab dari sulitnya guru dalam menyusun RPP.
Secara umum kesulitan dalam penyusunan RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 dirincikan sebagai berikut.
Kesulitan pertama, guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jika guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunannya, maka secara otomatis rasa malas akan muncul ketika hendak menyusunnya. Sebenarnya ini adalah alasan klasik, karena pada tahun-tahun ini pemerintah sudah menggalakkan berbagai program sosialisasi yang menyangkut penyusunan RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Kesulitan kedua, perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum akan berimbas kepada perubahan susunan komponen dalam RPP. RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 disusun mengikuti kaidah-kaidah dalam kurikulum. Kurikulum yang berlaku sekarang adalah Kurikulum 2013 Revisi 2017. Ini artinya RPP Kurikulum 2013 yang disusun sekarang akan berbeda susunannya dengan RPP pada kurikulum sebelumnya (KTSP). Perubahan ini seringkali menyulitkan guru dalam menyusun perangkat Pembelajaran.
Kesulitan ketiga, minimnya penguasaan teknologi komputerisasi para guru. Guru pada generasi-generasi terdahulu (atau yang disebut sebagai guru-guru yang berusia tua) rata-rata gagap akan teknologi komputerisasi. Segala pekerjaan yang menyangkut penyusunan kata-kata dalam suatu teks, termasuk dalam RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017, akan sangat mudah jika dikerjakan dengan bantuan komputer maupun laptop. Bayangkan saja jika RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang kini bisa dicopy-paste dari file buku guru harus ditulis manual dengan tangan. Pasti akan memakan waktu yang cukup lama, dan pastinya akan menjadi permasalahan yang menyulitkan guru.
Untuk membantu meringkankan kesulitan para rekan guru dalam menyusun RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut ini saya berikan RPP Pembuatan Busana Custom Made Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai bahan rekomendasi dan acuan para rekan guru dalam menyusun RPP dan perangkat pembelajaran.