Silabus Otomatisasi Tata Kelola Keuangan Kelas 11 SMK Revisi 2017

http://smkindonesia1.blogspot.com/
Silabus Otomatisasi Tata Kelola Keuangan Kelas 11 SMK Revisi 2017

Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Keuangan 
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Administrasi Perkantoran
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C3)

Kelas/Semester : XI (Sebelas) /I (Satu) / I (Dua)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. 

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. 

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Baca Juga:


KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

3.1 Memahami ruang lingkup administrasi keuangan
4.1 Mengelompokkan ruang lingkup administrasi keuangan
3.2 Memahami kebijakan pengelolaan keuangan
4.2 Melakukan pengelompokkan kebijakan pengelolaan keuangan
3.3 Menerapkan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja
4.3 Menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja
3.4 Menerapkan penerimaan anggaran
4.4 Melakukan penerimaan anggaran
3.5 Menerapkan penggunaan anggaran
4.5 Melaksanakan penggunaan anggaran
3.6 Menerapkan pendokumentasian bukti-bukti penggunaan anggaran
4.6 Mendokumentasikan bukti-bukti penggunaan anggaran
3.7 Menerapkan pembuatan laporan pertanggungjawaban keuangan
4.7 Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan
3.8 Menerapkan pengoperasian aplikasi keuangan
4.8 Mengoperasikan aplikasi keuangan
3.9 Mengevaluasi kegiatan administrasi keuangan
4.9 Membuat laporan hasil evaluasi kegiatan administrasi keuangan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »