RPP 1 Lembar SMK Simulasi Dan Komunikasi Digital (Simkomdig) Model Discovery Learning

https://smkindonesia1.blogspot.com/
RPP 1 Lembar SMK Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2020
RPP 1 Lembar Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 sesuai Arahan kebijakan baru dalam menyusun RPP adalah Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP, 3 komponen inti (komponen lainnya bersifat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri): Tujuan pembelajaran, Kegiatan pembelajaran dan Asesmen 1 halaman cukup, Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri sebagai bahan referensi berikut ini saya bagikan RPP 1 Lembar Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital (Simkomdig) Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 sesuai dengan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran : Discovery Learning

Nama Sekolah : SMK NEGERI
Mata Pelajaran : Simulasi Dan Komunikasi Digital
Kompetensi. Keahlian : Seluruh Kompetensi Keahlian
Kelas/Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Logika Dan Algoritma Komputer
Tahun Pelajaran : 2019-2020
Pertemuan ke : 1 @ 3 JP
Kompetensi Dasar : 3.1 Menerapkan logika dan algoritma komputer
                                 : 4.1 Menggunakan fungsi-fungsi Perintah (Command)

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui diskusi dan menggali informasi siswa dapat menjelaskan konsep logika dan algoritma, menjelaskan lambang flowchart, menerapkan algoritma dalam bentuk flowchart sederhana dalamm kehidupan dalam kehidupan sehari-hari
2. Melalui latihan siswa mampu membuat tulisan rincian aktivitas dalam runtutan satuan kesatuan kegiatan berdasarkan dengan kegiatan keseharian
Download juga : RPP 1 Lembar Administrasi umum Kelas X SMK
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. PENDAHULUAN ( 15 Menit )
a. Mengucapkan salam dan mengajak berdoa bersama-sama
b. Mengecek kehadiran siswa
c. Mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
d. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai
e. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus

2. KEGIATAN INTI (60 Menit )
a. Pemberian rangsangan (Stimulation)

1) Siswa membaca teks / browsing internet untuk mengidentifikasi Konsep Logika dan Algoritma
2) Setelah membaca buku/browsing internet, siswa mencoba menggali informasi mengenai Konsep Logika dan Algoritma (cermat dan teliti )

b. Pernyataan / Identifikasi Masalah ( Problem Statement)
1) Guru meminta siswa untuk berdiskusi mengidentifikasi hal-hal pokok terkait Konsep Logika dan Algoritma
2) Siswa mengidentifikasi tentang Konsep Logika dan Algoritma
3) Guru menyampaikan hal-hal pokok terkait materi pembelajaran, dan memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan siswa secara berkelompok. (setiap kelompok dengan pertanyaan yang berbeda)
4) Siswa secara berkelompok mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan guru dan menyusunnya dalam bentuk paparan. (mandiri, kerjasama)
Download juga : RPP 1 Lembar IPA Bismen Kelas X SMK Revisi 2020
c. Pengumpulan data (Data collection)
1) Guru meminta siswa untuk mengumpulkan data terkait Konsep Logika dan Algoritma
2) Siswa melakukan kegiatan pengamatan dan mendiskusikan hasil dari kegiatan pengumpulan data ( mandiri, tanggung jawab, disiplin, kerja sama)

d. Pembuktian (Verification)
1) Guru meminta siswa untuk membandingkan data dari satu dengan sumber yang lain
2) Secara berkelompok siswa membandingkan data dari sumber yang satu dengan sumber yang lain
3) Guru meminta siswa untuk menilai hasil diskusi kelompok
4) Siswa melakukan penilaian terhadap hasil diskusi kelompok lain ( kerjasama, komunikatif,tanggung jawab)

e. Menarik kesimpulan ( Generalization)
1) Guru meminta siswa untuk meyajikan kesimpulan dari hasil pembuktian yang telah dilakukan
2) Siswa membuat bahan presentasi/peta konsep untuk memaparkan hasil (tanggungjawab, kreatif)
3) Siswa lain memberikan tanggapan kepada kelompok yang maju presentasi
4) Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan bersama (kemandirin)
5) Hasil diskusi setiap kelompok dikumpulkam untuk didistribusikan kepada kelompok yang lain dalam satu kelas (keterbukaan)
Download juga: RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas X SMK
3. PENUTUP ( 15 Menit )
1) Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
a) Membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b) Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
c) Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

2) Kegiatan guru yaitu:
a) Melakukan penilaian;
b) Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan
c) Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap : Observasi
2. Penilaian Pengetahuan : Tertulis
3. Penilaian Ketrampilan : Kinerja

Mengetahui,                               ……….., 2 Januari 2020
Kepala SMK N ……..               Guru Mata Pelajaran

……………………………..     ……………………….
NIP.                                             NIP.
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Untuk mendapatkan RPP 1 Lembar Simulasi Dan Komunikasi Digital (Simkomdig) Kelas X SMK silahkan download filenya yang sudah kami kemas dalam bentuk pdf pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Akuntansi Dasar dan RPP 1 Lembarnya silahkan klik DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-5050-4500
Download RPP 1 Lembar Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK Revisi 2020

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »