Silabus Sistem Pengendalian dan Otomatisasi Kelas XI SMK


https://smkindonesia1.blogspot.com/
Silabus Sistem Pengendalian dan Otomatisasi Kelas XI SMK

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa atas tersusunnya Silabus Sistem Pengendalian dan Otomatisasi Kelas XI SMK kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Pelayaran Kapal Penangkap Ikan Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan dengan harapan dapat digunakan sebagai panduan para rekan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khusus Bidang Studi Keahlian Kemaritiman, Teknika Kapal Penangkap Ikan. dalam membuat perangkat pembelajaran lainnya.


Silabus Sistem Pengendalian dan Otomatisasi Kelas XI kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Pelayaran Kapal Penangkap Ikan Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Download juga: Silabus Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas Kelas XI SMK

Penyajian Silabus Sistem Pengendalian dan Otomatisasi Kelas XI SMK kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Pelayaran Kapal Penangkap Ikan Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan ini di bagi kedalam tujuh kolom yang antara lain Kompetensi dasar, Indikator pencapaian Kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan Pembelajaran, alokasi waktu, sumber belajar dan teknik penilaian disusun dengan tujuan membantu para sahabat guru khususnya guru mata pelajaran Sistem Pengendalian dan Otomatisasi.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Silabus Sistem Pengendalian dan Otomatisasi Kelas XI SMK kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Pelayaran Kapal Penangkap Ikan Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan berikut ini kami sajikan Kompetensi Inti dan kompetensi Dasar dari mata pelajaran Sistem Pengendalian dan Otomatisasi.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Kerja Teknika Kapal Penangkap Ikan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Kerja Teknika Kapal Penangkap Ikan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
 Download juga: RPP Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas Kelas XI SMK
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami prinsip pengukuran dan pengaturan
4.1 Mempresentasikan prinsip pengukuran dan pengaturan
3.2 Memahami sistem kontrol
4.2 Mempresentasikan sistem kontrol
3.3 Menganalisis sistem otomatisasi di kamar mesin
4.3 Memilah peralatan sistem otomatisasi di kamar mesin
3.4 Memahami peralatan sistem otomatisasi di anjungan
4.4 Mempresentasikan peralatan sistem otomatisasi di anjungan
3.5 Memahami sistem kontrol pneumatik
4.5 Mempresentasikan sistem kontrol pneumatik
3.6 Menerapkan perawatan besi/baja
4.6 Melakukan perawatan besi/baja
3.7 Memahami bahan bakar cair
4.7 Mempresentasikan bahan bakar cair
3.8 Memahami syarat dan sifat bahan pelumas
4.8 Menunjukkan syarat dan sifat bahan pelumas
3.9 Mengevaluasi kebutuhan bahan pelumas
4.9 Membuat laporan kebutuhan bahan pelumas
 Download juga Contoh RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 SMP
Untuk mendapatkan  Silabus Sistem Pengendalian dan Otomatisasi Kelas XI SMK kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Pelayaran Kapal Penangkap Ikan Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan silahkan download filenya pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini.

👉 Download Silabus Sistem Pengendalian dan Otomatisasi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »