Silabus Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas Kelas XI SMK Kurikulum 2013


smkindonesia1.blogspot.com - Silabus Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Pelayaran Kapal Penangkap Ikan Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan

Silabus Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Pelayaran Kapal Penangkap Ikan Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan ini disusun untuk melengkapi kebutuhan para rekan guru khusus nya Guru mata pelajaran Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas dalam melengkap dan menyusun administrasi sekolah atau dalam menunjang pelaksanaan kurikulum 2013 revisi tahun 2019.
Soal PAS Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI SMK
Isi pada Silabus Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas Kelas XI SMK Kelas Revisi 2019 ini terbagi kedalam tujuh kolom yang terdiri dari Kompetensi Dasar (KD), Indikator pencapaian Kompetensi (IPK), Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian dan sumber belajar diramu berdasarkan dari berbagai literatur/sumber dan internet yang disesuaikan dengan pelaksanaan kurikulum 2013 revisi tahun 2017.

Pelajaran Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas Kelas XI SMK Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Pelayaran Kapal Penangkap Ikan Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan masuk kedalam C3 dalam struktur kurikulum SMK. Oleh karena itu, dengan disusunnya Silabus Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas Kelas XI SMK Revisi 2019 ini diharapkan dapat menjadi bekal para rekan guru khusus nya guru mata pelajaran Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas dalam menyongsong tahun ajaran baru tahun pelajaran 2020/2021 Kurikulum 2013.
Baca juga : SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Untuk meyakinkan para rekan guru mengenai Silabus Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas Kelas XI SMK Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Pelayaran Kapal Penangkap Ikan Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan, Berikut ini kami sajikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasarnya

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknika Kapal Penangkap Ikan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Download juga Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII SMK
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknika Kapal Penangkap Ikan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Download Juga: Buku Ilmu Bahan Teknik Kurikulum 2013
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami ilmu bahan permesinan kapal
4.1 Mempresentasikan ilmu bahan permesinan kapal
3.2 Menerapkan proses pembuatan besi
4.2 Menentukan proses pembuatan besi
3.3 Menganalisis sifat-sifat mekanis logam
4.3 Memilah sifat-sifat mekanis logam
3.4 Memahami perlakuan panas terhadap logam
4.4 Menunjukkan perlakuan panas terhadap logam
3.5 Menganalisis bahan logam dan non logam
4.5 Memilah bahan logam dan non logam
3.6 Menerapkan perawatan besi/baja
4.6 Melakukan perawatan besi/baja
3.7 Memahami bahan bakar cair
4.7 Mempresentasikan bahan bakar cair
3.8 Memahami syarat dan sifat bahan pelumas
4.8 Menunjukkan syarat dan sifat bahan pelumas
3.9 Mengevaluasi kebutuhan bahan pelumas
4.9 Membuat laporan kebutuhan bahan pelumas
Baca juga: Pokok-pokok Kebijakan Merdeka Belajar
Penyusun menyadari Silabus Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2019 ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, segala saran dan kritik yang bersifat menyempurnakan sangat penyusun harapkan. Akhir kata penyusun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga tersusunnya Silabus Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2019 ini Semoga bisa bermanfaat.

Untuk bisa memiliki Silabus Ilmu Bahan, Bahan Bakar dan Pelumas Kelas XI SMK Bidang Keahlian Kemaritiman Program Keahlian Pelayaran Kapal Penangkap Ikan Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan silahkan download filenya di bawah ini.
Download juga: Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI SMK

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »