Silabus Penerapan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI SMK Kurikulum 2013

https://smkindonesia1.blogspot.com/
Silabus Penerapan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI SMK Kurikulum 2013
Silabus SMK - Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) termasuk ke dalam desain pembelajaran perencanaan pembelajaran yang mengacu kepada standar isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.
Download juga Buku Panduan Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematic)
Di dalam lampiran Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Standar Proses disebutkan bahwa silabus paling sedikit memuat beberapa komponen, yakni:
1. Identitas mata pelajaran (misalnya: Penerapan Sistem Radio dan Televisi);
2. Identitas sekolah, diisi dengan satuan pendidikan dan kelas (SMK / Kelas XI);
3. Kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran;
4. Kompetensi dasar, merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran;
5. Tema (khusus SD/MI),
6. Materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
7. Kegiatan Pembelajaran, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan;
8. Penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik;
9. Alokasi waktu, sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun; dan
10. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.
Download juga Silabus Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio dan Video Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018
Komponen silabus tersebut termasuk komponen yang lengkap. Dalam perkembangan selanjutnya dan perbaikan Kurikulum 2013, komponen silabus hanya terdiri atas tiga komponen, yakni (1) kompetensi dasar, (2) materi pembelajaran, dan (3) kegiatan pembelajaran.

Pengembangan Kurikulum 2013 diharapkan dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi dalam rangka mewujudkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, dan inovatif. Oleh karena itu proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Download juga Analisis SKL, KI, Dan KD Penerapan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI dan XII SMK Revisi 2018
Memperhatikan konteks global dan kemajemukan masyarakat Indonesia, misi dan orientasi Kurikulum 2013 diterjemahkan dalam praktik pendidikan dengan tujuan khusus agar peserta didik memiliki kompetensi yang diperlukan bagi kehidupan masyarakat di masa kini dan di masa mendatang,
Kompetensi yang dimaksud yaitu: (1) menumbuhkan sikap religius dan etika sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; (2) menguasai pengetahuan; (3) memiliki keterampilan atau kemampuan menerapkan pengetahuan dalam rangka melakukan penyelidikan ilmiah, pemecahan masalah, dan pembuatan karya kreatif yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Download juga Contoh RPP Berbasis STEM Mata Pelajaran Kimia Kelas XII SMA
Mata pelajaran Penerapan Sistem Radio dan Televisi yang dikembangkan harus mempertimbangkan pemanfaatan tekhnologi informasi dan komunikasi. Untuk itu kemampuan pendidik dalam menggunakan dan memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi menjadi faktor penting agar pembelajaran Penerapan Sistem Radio dan Televisi mampu menjawab tantangan abad moderen dewasa ini. Selain penggunaan dan pemanfaatan teknonolgi, pembelajaran Penerapan Sistem Radio dan Televisi juga harus memperhatikan kebutuhan daerah dan peserta didik, sehingga mata pelajaran Penerapan Sistem Radio dan Televisi ini dapat menjadi penyaring dari masuknya kebudayaan asing sekaligus mendorong peserta didik untuk memiliki kearifan terhadap budaya lokal atau budaya masyarakat setempatnya.
Download juga RPP Penerapan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018
Silabus Penerapan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Elektronika Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya.

Penyusunan Silabus Penerapan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Elektronika Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Download juga Buku Informatika (TIK) Kelas VII SMP Kurikulum 2013
Silabus Penerapan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Elektronika Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas.

Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan Silabus Penerapan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Elektronika Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.
Download juga Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 11 SMK Revisi 2017
Untuk mendapatkan Silabus Penerapan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Elektronika Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video ini silahkan download filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan RPP Penerapan Sistem Radio dan Televisi dan perangkat pembelajaran lainnya silahkan Klik DISINI.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »