Silabus Teknologi Dasar Perkapalan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017


https://smkindonesia1.blogspot.com/
Silabus Teknologi Dasar Perkapalan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus Teknologi Dasar Perkapalan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Perkapalan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kapal Kurikulum 2013 Revisi 2017, ini disusun untuk melengkapi kebutuhan para rekan guru khusus nya Guru mata pelajaran Teknologi Dasar Perkapalan dalam melengkapi dan menyusun administrasi sekolah atau dalam menunjang pelaksanaan kurikulum 2013 revisi tahun 2017.

Silabus Teknologi Dasar Perkapalan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini terbagi kedalam tujuh kolom yang terdiri dari Kompetensi Dasar (KD), Indikator pencapaian Kompetensi (IPK), Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian dan sumber belajar diramu berdasarkan dari berbagai literatur/sumber dan internet yang disesuaikan dengan pelaksanaan kurikulum 2013 revisi tahun 2017.

Download juga: RPP Teknologi Dasar Perkapalan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Mata Pelajaran Teknologi Dasar Perkapalan pada kurikulum 2013 termasuk kedalam kelompok C2 untuk Bidang Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Perkapalan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kapal. Oleh karena itu, dengan disusunnya Silabus Teknologi Dasar Perkapalan Kelas X SMK Revisi 2017 ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi para rekan guru khusus nya guru mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur dalam menyongsong tahun ajaran baru tahun pelajaran 2018/2019.

Berikut ini merupakan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Teknologi Dasar Perkapalan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Perkapalan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kapal Kurikulum 2013 Revisi 2017

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Dasar-dasar Teknik Perkapalan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Dasar-dasar Teknik Perkapalan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami jenis-jenis kapal
4.1 Menyajikan tentang jenis-jenis kapal
3.2 Memahami ukuran utama kapal
4.2 Menyajikan tentang ukuran utama kapal
3.3 Menganalisis volume dan berat kapal
4.3 Menyajikan tentang volume dan berat kapal
3.4 Memahami titik-titik penting dalam perkapalan
4.4 Menyajikan tentang titik-titik penting dalam perkapalan
3.5 Memahami koefisien bentuk kapal
4.5 Menyajikan tentang Koefisien bentuk kapal
3.6 Menerapkan gambar rencana garis
4.6 Menyajikan gambar rencana garis kapal
3.7 Memahami jenis-jenis dok dan system pengedokan
4.7 Menyajikan jenis-jenis dok dan sistem pengedokan
3.8 Menerapkan pembuatan teknologi bangunan baru
4.8 Menyajikan tentang teknologi bangungan baru
3.9 Mengevaluasi kesalahan yang terjadi pada keselamatan kerja
4.9 Memperbaiki kesalahan yang terjadi pada keselamatan kerja

Penyusun menyadari Silabus Teknologi Dasar Perkapalan Kelas X SMK Revisi 2017 ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, segala saran dan kritik yang bersifat menyempurnakan sangat penyusun harapkan.

Download juga: Silabus Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Untuk bisa memiliki Silabus Teknologi Dasar Perkapalan Kelas X SMK Revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini atau bisa juga dengan mengunjungi Halaman Disini.

Akhir kata penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga tersusunnya Silabus Teknologi Dasar Perkapalan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Perkapalan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kapal C2 ini Semoga bisa bermanfaat.
Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Teknologi Dasar Perkapalan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Perkapalan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kapal Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan klik DISINI.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »