Silabus Pekerjaan Mesin Perkakas Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://smkindonesia1.blogspot.com/
Silabus Pekerjaan Mesin Perkakas Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Silabus Pekerjaan Mesin Perkakas Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Perkapalan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kapal

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Download juga Pekerjaan Mesin Perkakas Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Pemesinan Kapal pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Pemesinan Kapal.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Berikut ini merupakan Kompetensi Dasar Pekerjaan Mesin Perkakas Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Perkapalan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kapal

Kompetensi Dasar
3.1 Memahami mesin bubut dan kelengkapannya
4.1 Mengoperasikan mesin bubut dan kelengkapannya
3.2 Menerapkan teknik membubut pada pembubutan sederhana
4.2 Melakukan pekerjaan pada pembubutan sederhana
3.3 Menganalisis jenis pekerjaan pada pembubutan sederhana
4.3 Menyelesaikan pekerjaan pada pembubutan sedrhana sesuai prosedur
3.4 Memahami mesin frais dan kelengkapannya
4.4 Mengoperasikan mesin frais dan kelengkapannya
3.5 Menerapkan teknik mengefrais pada memfrais sederhana
4.5 Melakukan pengefraisan pada pemfraisan sederhana
3.6 Menganalisis jenis pekerjaan pada memfrais sederhana
4.6 Menyelesikan pekerjaan pada memfrais sederhana sesuai dengan prosedur
3.7 Memahami mesin Bor dan kelengkapannya
4.7 Mengoperasikan mesin Bor dan kelngkapannya
3.8 Menerapkan teknik mengebor dan kelengkapannya
4.8 Melakukan pekerjaan pengeboran dengan mesin bor
3.9 Memahami Mesin sekrap dan kelengkapannya
4.9 Mengopersikan Mesin sekrap dan kelengkapannya
3.10 Menerapkan teknik menyekrap dan kelengkapannya
4.10 Melakukan penyekrapan mesin sekrap dan kelengkapannya
3.11 Menganilisis pekerjaan pada mesin sekrap
4.11 Menyelesaikan penyekrapan benda dengan mesin sekrap sesuai prosedur
3.12 Memahami teknik membubut pada pembubutan komplek
4.12 Melakukan pekerjaan pada pembubutan komplek
3.13 Menganailisis jenis pekerjaan pada pembubutan komplek
4.13 Menyelesaikan pekerjaan pada pembubutan komplek sesuai dengan prosedur

Download juga Silabus Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 11 SMK Semester Genap Revisi 2017
Dalam rangka membantu para rekan guru khususnya guru mata pelajaran Pekerjaan Mesin Perkakas Kelas 11 SMK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Perkapalan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Kapal dalam menyiapkan perangkat pembelajaran berikut ini saya bagikan Silabus Pekerjaan Mesin Perkakas Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download juga silabus Pekerjaan Mesin Perkakas Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
1 Juni 2021 pukul 02.49 delete

alhamdulillah sangat membantu

Reply
avatar