Silabus Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017


https://smkindonesia1.blogspot.com/
Silabus Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus SMK Revisi 2017 - Silabus Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan Program Keahlian Teknik Perminyakan Kompetensi Keahlian Teknik Pemboran Minyak dan Gas,

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Berikut ini merupakan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar mata pelajaran Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan Program Keahlian Teknik Perminyakan Kompetensi Keahlian Teknik Pemboran Minyak dan Gas.
Download Juga RPP Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Teknik Pemboran Migas pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Teknik Pemboran Migas Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami K3LH
4.1 Melakukan Identifikasi Kecelakaan di Lingkungan Kerja
3.2 Menerapkan cara pencegahan bahaya dan kecelakaan kerja
4.2 Mengunakan alat-alat pencegah kecelakaan kerja
3.3 Memahami tentang klasifikasi api dan media pemadamannya
4.3 Mencoba memadamkan kebakran berdasarkan klasifikasi api dan alat pemadamannya
3.4 Menerapkan pengukuran tekanan, level cairan dan temperatur
4.4 Melakukan pengukuran tekanan level cairan dan temperature
3.5 Memahami teori asal organik dan anorganik minyak dan gas bumi
4.5 Menyajikan teori asal organik dan anorganik minyak dan gas bumi
3.6 Memahami batuan induk dan reservoar
4.6 Menyajikan batuan induk dan batuan reservoar
3.7 Menilai perangkap reservoir dan cadangan reservoar
4.7 Melakukan perhitungan cadangan
3.8 Menerapkan tahapan operasi yang dilakukan pada industry minyak dan gas bumi
4.8 Menyajikan tahapan operasi yang dilakukan pada industry minyak dan gas bumi
3.9 Menerapkan tahap eksplorasi
4.9 Menyajikan tahap eksplorasi
3.10 Menerapkan tahap Pemboran
4.10 Menyajikan tahap pemboran
3.11 Memahami 5 sistem dalam pemboran
4.11 Menyajiakn lima sistem dalam pemboran
3.12 Menerapkan tahap evaluasi formasi
4.12 Menyajikan tahap evaluasi formasi
3.13 Memahami sembur alam (natural flow)
4.13 Menyajikan sembur alam (natural flow)
3.14 Memahami sembur batuan (artificial lift)
4.14 Menyajikan sembur buatan (artificial lift)
3.15 Menerapkan tahap EOR (pengurasan tahap lanjut)
4.15 Menyajikan tahap EOR (pengurasan tahap lanjut)
3.16 Memahami produk – produk migas
4.16 Menyajikan produk – produk migas
3.17 Menganalisis peralatan pembantu operasi (untilitas)
4.17 Merancang peralatan pembantu operasi (utilitas)

Download juga KALENDER PENDIDIKAN TERBARU TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Silabus Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan Program Keahlian Teknik Perminyakan Kompetensi Keahlian Teknik Pemboran Minyak dan Gas ini disusun untuk melengkapi kebutuhan para rekan guru khusus nya Guru mata pelajaran Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK dalam melengkap dan menyusun administrasi sekolah atau dalam menunjang pelaksanaan kurikulum 2013 revisi tahun 2017.

Isi pada Silabus Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK Revisi 2017 ini terbagi kedalam tujuh kolom yang terdiri dari Kompetensi Dasar (KD), Indikator pencapaian Kompetensi (IPK), Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian dan sumber belajar diramu berdasarkan dari berbagai literatur/sumber dan internet yang disesuaikan dengan pelaksanaan kurikulum 2013 revisi tahun 2017.

Pelajaran Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK pada kurikulum 2013 termasuk kelompok C2 untuk Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan Program Keahlian Teknik Perminyakan Kompetensi Keahlian Teknik Pemboran Minyak dan Gas. Oleh karena itu, dengan disusunnya Silabus Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK Revisi 2017 ini diharapkan dapat menjadi bekal para rekan guru khusus nya guru mata pelajaran Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK dalam menyongsong tahun ajaran baru tahun pelajaran 2019/2020.

Penyusun menyadari Silabus Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, segala saran dan kritik yang bersifat menyempurnakan sangat penyusun harapkan. Akhir kata penyusun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga tersusunnya Silabus Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini Semoga bisa bermanfaat.
Download  juga Silabus Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kelas XI SMK/MAK Revisi 2017
Untuk bisa memiliki Silabus Mata Pelajaran Pengetahuan Industri Migas Kelas X SMK Kurikulum 2013 SMK Revisi 2017 Bidang Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan Program Keahlian Teknik Perminyakan Kompetensi Keahlian Teknik Pemboran Minyak dan Gas silahkan download filenya di bawah ini atau bisa juga klik DISINI.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »