Silabus Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kelas XI SMK/MAK Revisi 2017 |
Silabus SMK K13 Revisi 2017 - Silabus Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Tahun Pelajaran 2018/2019.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Download juga Silabus Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur kelas 12 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Berikut ini merupakan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
3.1. Memahami Kehumasan
4.1. Melakukan pengelompokkan kehumasan
3.2. Memahami regulasi bidang kehumasan
4.2. Menginterprestasi regulasi bidang kehumasan
3.3. Memahami khalayak humas
4.3. Melakukan pengelompokan khalayak humas
3.4. Menganalisis etika dan kode etik profesi humas
4.4. Menggunakan kode etik profesi humas dalam mengatasi masalah
3.5. Menerapkan pelayanan prima kepada pelanggan
4.5. Melaksanakan pelayanan prima kepada pelanggan
3.6. Menerapkan komunikasi efektif kehumasan
4.6. Melakukan komunikasi efektif kehumasan
3.7. Menerapkan penyusunan pesan bidang kehumasan
4.7. Menyusun pesan bidang kehumasan
3.8. Menganalisis media komunikasi humas
4.8. Memilih media komunikasi humas
3.9. Menerapkan pembuatan profil organisasi
4.9. Membuat profil organisasi
3.10. Menerapkan perencanaan program kehumasan
4.10. Menyusun rencana program kehumasan
Silabus Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan Silabus Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.
Silabus Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan agar siswa mampu mengembangkan kepercayaan diri sebagai komunikator, pemikir (termasuk pemikir imajinatif), dan menjadi warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Silabus Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan ini bersifat fleksibel. Guru mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan secara leluasa dapat membina dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berkomunikasi yang diperlukan siswa dalam menempuh pendidikan, hidup di lingkungan sosial, dan berkecakapan di dunia kerja.
Download juga Silabus Kepariwisataan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Silabus Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran silahkan download filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Kelas XI silahkan klik Disini.
1 comments:
commentsselamat siang admin.
Replymohon maaf, link download pada halaman ini mati dan tidak dapat diakses. apakah boleh saya meminta file Silabus OTK Humas dan Keprotokalan Kelas XI dan XII ini?
saya tunggu jawabannya yah, terimakasih banyak!