RPP Jahit Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018

https://smkindonesia1.blogspot.com/
RPP Jahit Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP SMK Abad 21 - RPP Jahit Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif Program Keahlian Desain dan Produk Kreatif Kriya Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Jahit
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Batik dan Tekstil
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Alokasi Waktu : 21 JP ( 3 Pertemuan)


A.    Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Kriya Kreatif Batik dan Tekstil pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan  prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Kriya Kreatif Batik dan Tekstil.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Download juga Silabus Batik Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru
B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.17    Memahami teknik, proses, alat dan bahan sulam
4.17    Mendemontrasikan teknik, proses, alat dan bahan sulam

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.17.1.    Menjelaskan Pengertian Sulam
3.17.2.    Menjelaskan Jenis-jenis teknik dan proses sulam
3.17.3.    Mengidentifikasi alat dan bahan sulam
4.17.1.    Mendemontrasikan teknik, proses, alat dan bahan sulam

C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan Pengertian Sulam, Menjelaskan Jenis-jenis teknik dan proses sulam, Mengidentifikasi alat dan bahan sulam serta mampu Mendemontrasikan teknik, proses, alat dan bahan sulam dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu  berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D.    Materi Pembelajaran
Teknik, Proses, Alat Dan Bahan Sulam

1. Pengertian Sulam
Istilah  sulam identik dengan bordir karena bordir diambil dari istilah dalam bahasa Inggris embroidery (im-broide) yang artinya sulaman (Heri Suhersono, 2004:6). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI,1989) sulam atau bordir adalah Hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain.
Lebih lanjut Suhersono menjelaskan pengerjaan hiasan ini sangat sederhana, pada awalnya pembuatan hiasan dengan teknik sulam (bordir) hanya dikerjakan dengan tangan menggunakan alat berupa jarum dan benang sebagai bahannya. Benang yang sudah dipasang pada jarum ditusuk-tusukkan pada kain, kemudian muncullah istilah macam-macam tusuk yang pada akhirnya disebut dengan istilah sulam. Dengan berkembangnya teknologi pengerjaan sulam (bordir) meningkat dengan memakai alat bantu berupa mesin jahit, dan mesin khusus untuk bordir, sehingga pengerjaanya menjadi lebih cepat. Sejak saat itulah orang Indonesia mulai menggunakan istilah bordir, sampai pada akhirnya diciptakan mesin bordir pengembangan dari computer yang biasa disebut dengan bordir komputer.
Dari keterangan diatas dapat diambil kesimpulan bahwasebenarnya istilah sulam dan bordir itu sama, yaitu hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain. Meskipun sampai saat ini masih banyak orang yang menganggap sulam dan bordir itu berbeda. Mereka beranggapan bahwa sulam adalah yang dikerjakan dengan tangan, sedangkan bordir adalah yang dikerjakan dengan mesin. Sulam (bordir) telah mengalami perkembangan yang cukup pesat.
Untuk memenuhi tuntutan pasar. sekarang sulam (bordir) tidak hanya menggunakan benang dan kain saja. Untuk menyulam selain menggunakan benang juga menggunakan bahan lain seperti pita, serat alam, bahkan ada yang dikombinasi dengan manik-manik atau payet.
Sedangkan bahan yang yang disulam sekarang tidak hanya menggunakan kain saja, tetapi sudah neggunakan bahan lain seperti kulit, tenunan serat alam dan sebagainya.
2. Jenis Teknik Sulam
Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa bordir adalah hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain, maka proses pembuatan hiasan dari benang tersebut dapat dikerjakan dengan dua cara yaitu dikerjakan dengan tangan dan dikerjakan dengan mesin.
3Sulam (bordir) tangan
Yaitu sulam (bordir) yang proses pembuatanya dikerjakan dengan tangan. Sulam yang dikerjakan dengan tangan jenis tusuk yang dipakai lebih banyak variasinya sehingga kita lebih leluasa dalam memilih jenis tusuk untuk membuat hiasan sesuai dengan  kreativitas kita.
3. Alat sulam
4. Bahan sulam
Download juga Silabus Tenun Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru
E.    Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan        :  Scientific Learning
2.    Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3.    Metode        :  Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

F.    Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.    Media LCD projector
2.    Laptop
3.    Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4.    Whiteboard
5.    Spidol
6.    Penggaris
7.    Gambar/Video menyulam
8.    Peralatan untuk menyulam

G.    Sumber Belajar
1.    Bahan ajar Jahit Kelas XIII SMK kurikulum 2013

2.    Lingkungan sekitar
3.    internet
4.    Lembar kerja
5.    Sumber lain yang relevan
Download juga Silabus Sablon Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru
H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)    Tes Tertulis
a)    Pilihan ganda
b)    Uraian/esai
2)    Tes Lisan
b.    Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)    Proyek, pengamatan, wawancara’
2)    Portofolio / unjuk kerja
3)    Produk,
2.    Instrumen Penilaian
•    Terlampir

3.    PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.    Remedial
  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal). 
b.    Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Download juga Silabus Jahit Kelas XI SMK Kurikulim 2013 Revisi Terbaru
Untuk mendapatkan RPP Jahit Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif Program Keahlian Desain dan Produk Kreatif Kriya Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan klik DISINI.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »