Silabus Dasar Penanganan Bahan Hasil Pertanian Kelas X SMK/MAK Revisi 2017 |
Silabus Dasar Penanganan Bahan Hasil Pertanian Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (C2) Jam Pelajaran 144 JP (@ 45 menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Silabus Agribisnis Tanaman Buah Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Agribisnis Tanaman Sayuran Kelas 11 SMK/MAK Revisi 2017
Silabus Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja Kelas X SMK/MAK Revisi 2017
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami pengelompokan komoditas hasil pertanian
4.1 Menyimpulkan komoditas hasil pertanian
3.2 Menganalisis sifat bahan hasil pertanian
4.2 Menyimpulkan sifat bahan hasil pertanian
3.3 Menganalisis tanda-tanda penyebab kerusakan bahan.
4.3 Menentukan tanda-tanda penyebab kerusakan bahan.
3.4 Mengidentifikasi model pemanenan
4.4 Menetapkan model pemanenan
3.5 Mengidentifikasi peralatan panen.
4.5 Menentukan peralatan panen.
3.6 Mengevaluasi hasil sortasi dan grading hasil pertanian
4.6 Menetapkan mutu bahan hasil pertanian.
3.7 Menerapkan teknik-teknik membersihkan, mengupas kulit bahan sesuai standar
4.7 Melakukan pembersihan, mengupas kulit, bahan hasil pertanian
3.8 Menerapkan pengemasan hasil panen
4.8 Mengemas hasil panen
3.9 Menerapkan penyimpanan hasil panen
4.9 Menyimpan hasil panen
3.10 Mengevaluasi penyimpanan hasil panen
4.10 Memperbaiki penyimpanan hasil panen
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Baca Juga
Silabus Agribisnis Tanaman Pangan Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017Silabus Agribisnis Tanaman Buah Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Agribisnis Tanaman Sayuran Kelas 11 SMK/MAK Revisi 2017
Silabus Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja Kelas X SMK/MAK Revisi 2017
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami pengelompokan komoditas hasil pertanian
4.1 Menyimpulkan komoditas hasil pertanian
3.2 Menganalisis sifat bahan hasil pertanian
4.2 Menyimpulkan sifat bahan hasil pertanian
3.3 Menganalisis tanda-tanda penyebab kerusakan bahan.
4.3 Menentukan tanda-tanda penyebab kerusakan bahan.
3.4 Mengidentifikasi model pemanenan
4.4 Menetapkan model pemanenan
3.5 Mengidentifikasi peralatan panen.
4.5 Menentukan peralatan panen.
3.6 Mengevaluasi hasil sortasi dan grading hasil pertanian
4.6 Menetapkan mutu bahan hasil pertanian.
3.7 Menerapkan teknik-teknik membersihkan, mengupas kulit bahan sesuai standar
4.7 Melakukan pembersihan, mengupas kulit, bahan hasil pertanian
3.8 Menerapkan pengemasan hasil panen
4.8 Mengemas hasil panen
3.9 Menerapkan penyimpanan hasil panen
4.9 Menyimpan hasil panen
3.10 Mengevaluasi penyimpanan hasil panen
4.10 Memperbaiki penyimpanan hasil panen