Silabus Dasar Pengendalian Mutu Hasil Pertanian Kelas 10 SMK/MAK Kuirkulum 2013 Revisi 2017 |
Silabus Dasar Pengendalian Mutu Hasil Pertanian Kelas 10 SMK/MAK Kuirkulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Kompetensi Keahlian Pengawasan Mutu Hasil Pertanian (C2) Jam Pelajaran : 144 JP (@ 45 menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru
dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Silabus Agribisnis Tanaman Buah Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Dasar Penanganan Bahan Hasil Pertanian Kelas X SMK/MAK Revisi 2017
Silabus Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 11 SMK/MAK Revisi 2017
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Pengawasan mutu hasil pertanian pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Pengawasan mutu hasil pertanian Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Baca Juga
Silabus Agribisnis Tanaman Sayuran Kelas 11 SMK/MAK Revisi 2017Silabus Agribisnis Tanaman Buah Kelas 11 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Dasar Penanganan Bahan Hasil Pertanian Kelas X SMK/MAK Revisi 2017
Silabus Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 11 SMK/MAK Revisi 2017
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Pengawasan mutu hasil pertanian pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Pengawasan mutu hasil pertanian Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Baca juga
Silabus Agribisnis Tanaman Pangan Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Pemetaan Lahan Kelas XI SMK/MAK Revisi 2017
Silabus Keamanan Pangan Penyimpanan dan Penggudangan Kelas 11 SMK Revisi 2017
Silabus Produksi Pengolahan Hasil Hewani Kelas 11 SMK/MAK Revisi 2017
Silabus Produksi Pengolahan Komoditas Perkebunan dan Herbal Kelas 11 SMK Revisi 2017
Silabus Pemetaan Lahan Kelas XI SMK/MAK Revisi 2017
Silabus Keamanan Pangan Penyimpanan dan Penggudangan Kelas 11 SMK Revisi 2017
Silabus Produksi Pengolahan Hasil Hewani Kelas 11 SMK/MAK Revisi 2017
Silabus Produksi Pengolahan Komoditas Perkebunan dan Herbal Kelas 11 SMK Revisi 2017
KOMPETENSI DASAR (KD)
Semester 1
3.1 memahami teknik pengendalian mutu
4.1 melakukan teknik pengendalian mutu
3.2 menerapkan K3LH
4.2 Melaksanakan K3LH
3.3 mengidentifikasi peralatan laboratorium dasar mutu
4.3 merinci peralatan laboratorium dasar mutu
3.4 menganalisis kebutuhan peralatan laboratorium
4.4 Menunjukan kebutuhan peralatan laboratorium dasar mutu
3.5 menerapkan SOP kalibrasi peralatan
4.5 mengkalibrasi peralatan
3.6 menerapkan teknik kerja aseptis
4.6 melaksanakan teknik kerja aseptis
Semester 2
3.7 menganalisis jenis-jenis media kultur mikroba
4.7 menyiapkan jenis-jenis media kultur
3.8 memahami sifat-sifat bahan kimia
4.8 menjabarkan sifat-sifat bahan kimia
3.9 menerapkan prinsip kerja laboratprium yang baik
4.9 melaksanakan kerja labolatorium yang baik
3.10 menerapkan prinsip pengujian bahan hasil pertanian secara organoleptik
4.10 melaksanakan pengujian bahan hasil pertanian secara organeoleptik
3.11 mengevaluasi pengujian dasar mutu bahan
4.11 menetapkan pengujian dasar mutu bahan
Semester 1
3.1 memahami teknik pengendalian mutu
4.1 melakukan teknik pengendalian mutu
3.2 menerapkan K3LH
4.2 Melaksanakan K3LH
3.3 mengidentifikasi peralatan laboratorium dasar mutu
4.3 merinci peralatan laboratorium dasar mutu
3.4 menganalisis kebutuhan peralatan laboratorium
4.4 Menunjukan kebutuhan peralatan laboratorium dasar mutu
3.5 menerapkan SOP kalibrasi peralatan
4.5 mengkalibrasi peralatan
3.6 menerapkan teknik kerja aseptis
4.6 melaksanakan teknik kerja aseptis
Semester 2
3.7 menganalisis jenis-jenis media kultur mikroba
4.7 menyiapkan jenis-jenis media kultur
3.8 memahami sifat-sifat bahan kimia
4.8 menjabarkan sifat-sifat bahan kimia
3.9 menerapkan prinsip kerja laboratprium yang baik
4.9 melaksanakan kerja labolatorium yang baik
3.10 menerapkan prinsip pengujian bahan hasil pertanian secara organoleptik
4.10 melaksanakan pengujian bahan hasil pertanian secara organeoleptik
3.11 mengevaluasi pengujian dasar mutu bahan
4.11 menetapkan pengujian dasar mutu bahan