RPP 1 Lembar Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI dan XII SMK Revisi 2020 |
RPP 1 Lembar Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI dan XII SMK Revisi 2020 Berdasarkan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid adapun penyederhanaannya meliputi sistematika dan komponen yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMK N
Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Materi Pokok : Administrasi Sarana Dan Prasarana
Pertemuan ke : 1
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu: menjelaskan pengertian administrasi sarana dan prasarana, menguraikan ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana, Mengemukakan tujuan administrasi sarana dan prasarana, Mengemukakan fungsi administrasi sarana dan prasarana, serta mampu Melakukan identifikasi ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana, Mengelompokkan ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
a. Kegiatan Pendahuluan
Sintaks Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Dalam rangka membantu para rekan guru dalam membuat dan menyusun RPP 1 Lembar berikut ini saya bagikan RPP 1 Lembar Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI dan XII SMK Revisi 2020.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMK N
Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Materi Pokok : Administrasi Sarana Dan Prasarana
Pertemuan ke : 1
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu: menjelaskan pengertian administrasi sarana dan prasarana, menguraikan ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana, Mengemukakan tujuan administrasi sarana dan prasarana, Mengemukakan fungsi administrasi sarana dan prasarana, serta mampu Melakukan identifikasi ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana, Mengelompokkan ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga: RPP 1 Halaman Administrasi Umum Kelas X SMK Revisi 20202. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
- Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
- Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
Sintaks Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah
- Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Pengertian dan Ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana
- Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Pengertian dan Ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana
Download juga: RPP 1 Halaman Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK Revisi 2020Membimbing penyelidikan individu/ kelompok
- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Pengertian dan Ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana
- Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Pengertian dan Ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana
- Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Pengertian dan Ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana
- Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
- Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
- Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
- Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
- Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
Download juga: RPP 1 Lembar Praktikum Akuntansi perusahaan Jasa, Dagang dan manufaktur Kelas XI dan XII SMK Revisi 20203. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Dalam rangka membantu para rekan guru dalam membuat dan menyusun RPP 1 Lembar berikut ini saya bagikan RPP 1 Lembar Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI dan XII SMK Revisi 2020.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran
lengkap mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
Revisi 2020 dan RPP 1 Lembar Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan
Prasarana Kelas XI dan XII SMK Revisi 2020 silahkan kunjungi halaman
DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-8033-2017