Pengertian dan Macam-Macam Motivasi Perjalanan Wisata

Motivasi Tujuan Perjalanan, Karakteristik Wisatawan, Dan Pola Pengeluaran Wisatawan
Materi Kepariwisataan
BAB 2
Motivasi Tujuan Perjalanan, Karakteristik Wisatawan, Dan Pola Pengeluaran Wisatawan

Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Perhotelan

3.2 Memahami motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata
4.2 Mengklasifikasi motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata

Tujuan Pembelajaran
Mengidentifikasi motivasi tujuan perjalanan


A. Pengertian dan Macam-macam Motivasi Perjalanan Wisata
Motivasi perjalanan wisata adalah hal-hal atau faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan perjalanan wisata. Faktor pendorong yang menyebabkan orang ingin berwisata adalah sebagai berikut.
a. Motivasi dasar, seperti rasa ingin tahu, rekreasi, pendidikan, dan kesehatan.
b. Motivasi berlibur, seperti berjemur, berolahraga, dan mengetahui hal-hal baru.
c. Motivasi lain, seperti kebudayaan, kebutuhan fisik, dan mengenal bangsa lain.

Selain motivasi tersebut, beberapa alasan melakukan wisata dari perspektif umum lainnya adalah sebagai berikut.
a. Pengakuan sosial dan kebanggaan.
b. Relaksasi dan bersenang-senang.
c. Menikmati fasilitas yang belum ada di kota/negara tempat tinggalnya.
d. Menikmati makanan khas/tradisional.
e. Berbelanja sesuatu yang khas.
f. Menyatukan diri dengan keindahan alam.
g. Melakukan ziarah keagamaan.
h. Mengagumi hasil dan teknik pertanian.
I. Menyaksikan pertunjukan budaya tradisional.
j. Melihat langsung dan merasakan kehidupan masyarakat dan adat-istiadatnya.
k. Menyaksikan peninggalan sejarah dan benda-benda kuno.

Perjalanan wisata yang dilakukan biasanya didasarkan atas motivasi yang bervariasi. Motivasi seseorang dan orang lainnya dalam melakukan perjalanan wisata belum tentu sama. Berikut ini adalah beberapa pakar/organisasi pariwisata, baik dalam negeri maupun luar negeri yang memberikan berbagai macam motivasi perjalanan wisata.

1. Oka Addis Voeti
a. Alasan pendidikan dan kebudayaan
• Ingin melihat cara kerja dan cara hidup (the way of life) rakyat dl negara lain.
• Ingin melihat kemajuan-kemajuan yang telah dicapai negara lain.
• Ingin menyaksikan tempat-tempat bersejarah, peninggalan-peninggalan kuno monumen-monumen, kesenian rakyat, Industri kerajinan, festival, events, keindahan alam, dan sebagainya.
• Mendapatkan rasa saling pengertian dan ide-ide baru ataupun penemuan-penemuan baru.
Berpartisipasi dalam suatu festival kebudayaan dan sebagainya.

b. Alasan santai, kesenangan, dan petualangan
• Menghindarkan diri dari kesibukan sehari-sehari.
• Melihat daerah-daerah baru, masyarakat asing, dan untuk mendapatkan pengalaman.
• Mendapatkan atau menggunakan kesempatan yang ada untuk memperoleh kegembiraan.
• Merasakan suasana yang romantis dan berkesan.

c. Alasan kesehatan, olahraga, dan rekreasi
• Beristirahat dan mengembalikan kekuatan setelah bekerja keras dan menghilangkan ketegangan pikiran.
• Melatih diri dan ikut dalam pertandingan olahraga tertentu, seperti Olimpiade, Asian Games, dan sebagainya.
• Menyembuhkan diri dari suatu penyakit tertentu.
• Melakukan rekreasi untuk menghabiskan masa liburan .

d. Alasan keluarga, negeri asal, dan tempat bermukim
• Mengunjungi tempat kita berasal atau dilahirkan.
• Mengunjungi tempat kita pernah tinggal atau berdiam pada masa lalu.
• Mengunjungi famili dan kawan-kawan.
• Menghadiri pertemuan dengan keluarga atau kawankawan dalam rangka reuni.

e. Alasan bisnis, sosial, politik, dan konferensi
• Menyaksikan suatu pameran, kamar dagang, karya wisata, dan lain-lain atau meninjau suatu proyek dan lain-lain.
• Menghadiri konferensi, seminar, simposium, dan pertemuan ilmiah lainnya.
• Mengikuti perjanjian kerja sama, pertemuan politik, dan undangan negara lain yang berhubungan dengan kenegaraan.
• Ikut dalam suatu kegiatan sosial.

f. Alasan persaingan dan hadiah
• Memperlihatkan kepada orang lain bahwa yang bersangkutan Juga mampu melakukan perjalanan jauh.
• Memenuhi keinginan agar dapat bercerita tentang negara lain pada kesempatan-kesempatan tertentu.
• Agar tidak dikatakan orang "ketingga~an zaman. .
• Menghargai perjalanan wlsata sebagai hadiah pembenan orang lain.
• Menghargai perJalanan wisata sebaga hadiah yang diperoleh karena memenangkan kuis.

2. John K. Thomas
a. Melihat cara hidup, bekerja, dan bermain penduduk di negara lain (to seehow people in other countfleS live, work, and play).
b. Melihat pemandangan-pemandangan istimewa (to seeparricular sights).
c. Memperoleh pengertian/pengetahuan yang lebih baik mengenai sesuatu yang diberitakan cHmedia massa/berita (to gain a better understanding/knowledge of what goes on In the news).
d. Menghadiri perayaan-perayaan khusus (to attend special events).
e. Menjauhkan diri dari kegiatan rutin sehari-hari (to get away from the everyday routine).
f. Memperoleh waktu istirahat yang cukup (to obtain a sufficient time to rest).
g. Mencapai pengalaman romantis (to achieve some sort of romantic experience).
h. Mengunjungi tempat asal-usul keluarga (to visit a family origins).
i. Mengunjungi tempat tinggal keluarqa atau ternan (to visit a place where family and friends live).
j. lklim, misalnya menghindari musim dingin atau muslm panas (weather, for instance, to avoid winter or summer).
k. Kesehatan (health).
I. Olahraga (sport).
m. Ekonomi (economy).
n. Petualangan (adventure).
o. Gengsi/prestise (one-up manship).
p. Mengikuti arus atau mode (conformity )
q. Mengikuti sejarah (to participate in history).
r. Motif soslologis (sosiological motives).

3. Chris Ryan
a. Kebutuhan fisik/jasmani (physiological needs).
b. Kebutuhan keamanan dan keselamatan (security and safety needs).
c. Kebutuhan kelangsungan hidup (survival needs).
d. Kebutuhan pembentukan dlri (self actualization needs).
e. Kebutuhan rnengembangkan kemampuan diri (the need to develop one's own potential).
f. Kebutuhan untuk menikmati keindahan (the need for aesthetic stimulation).
g. Kebutuhan menciptakan karakter atau kepribadian sendiri (the need to create a character or personality of its own).
h. Kebutuhan untuk menukar dan membedakan pandangan baru dan pengalaman baru (the need for exchange, distinguish new outlook and new experience).

4. Mcintosh
a. Motivasi fisik (physical motivations), yakni motivasi yang berhubungan dengan kebutuhan fisik, seperti olahraga, santai, kesehatan, istirahat, dan lain-lain.
b. Motivasi budaya (cultural motivations), yakni motivasi yang berhubungan dengan keinginan untuk mengetahui daerah atau negara lain, penduduknya, tata cara hidupnya, bangunannya, musik dan tariannya, dan lain-lain.
c. Motivasi interpersonal (interpersonal motivations), yakni motivasi yang berhubungan dengan keinginan untuk bertemu dengan sanak keluarga, teman, atau tetangga, berkenalan dan berjumpa dengan orang-orang tertentu, atau sekadar melihat tokoh-tokoh terkenal, penyanyi, bintang film, dan lain-lain.
d. Motivasi status dan prestise (status and prestige motivations), yakni motivasi yang berhubungan dengan keinginan untuk meningkatkan gengsi dan derajat hidup di mata orang lain dengan melakukan suatu perjalanan yang tidak semua orang dapat melakukannya.

5. PATA (Pacific Association of Travel Agent)
a. Keramahtamahan penduduk (warm and friendly people).
b. Penginapan yang menyenangkan (comfortable accomodation).
c. Keindahan pemandangan alam (beautiful natural scenery).
d. Harga yang memuaskan (reasonable prices).
e. Adat istiadat dan pandangan hidup yang menarik (an attractive custome and way of life).
f. Cuaca yang baik (good climate).
g. Keindahan kreasi manusia (beautiful creation of man).
h. Makanan yang menarik (outstanding food) .
i.Perbelanjaan yang baik/menarik (good shopping).
j. Linqkunqan yang asing/aneh (exotic environment)
k. Ikatan sejarah atau keluarga (historical or family ties)
l. Aktivitas kreasi yang luar biasa (exceptional recreational activities)
 
Untuk mendapatkan Materi kepariwisataan Bab 2  Motivasi Tujuan Perjalanan, Karakteristik Wisatawan, Dan Pola Pengeluaran Wisatawan bagian A Pengertian dan Macam-Macam Motivasi Perjalanan Wisata silahkan unduh filenya di bawah ini

Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Kepariwisataan Kelas X SMK Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata Kompetensi Keahlian Perhotelan silahkan klik DISINI.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »