Materi Kepariwisataan X SMK, Karakteristik Wisatawan

Motivasi Tujuan Perjalanan, Karateristik Wisatawan dan Dola Pengeluaran Wisatawan
BAB 2

Motivasi Tujuan Perjalanan, Karateristik Wisatawan dan Dola Pengeluaran Wisatawan

Bidang Keahlian  : Pariwisata
Program Keahlian  : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Perhotelan


KD 3.2 Memahami motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata
KD 4.2 Mengklasifikasi motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata

Tujuan Pembelajaran:
Memahami jenis dan karakteristik wisatawan mancanegara dan wisatwan Nusantara/domestik

D. Karakteristik Wisatawan

Profile wisatawan (tourist profile) Sangat berkaitan dengan karakteristik dan jenis-jenis wisatawan. oleh karena itu, semua pihak yang bergerak dalam berbagai bidang dan profesi industri pariwisata perlu dibekali pengetahuan tentang karakteristik wisatawan. berdasarkan kenyataan dan pengalaman, pemahaman karakteristik atau ciri-ciri masing-masing wisatawan bertujuan untuk menyediakan kebutuhan perjalanan mereka dan untuk menyusun program promosi objek wisata sesuai dengan jenis dan karakteristik wisatawan.
pada bab ini akan dijelaskan mengenai karakteristik wisatawan menurut direktorat jendral pariwisata karakteristik ini digunakan sebagai dasar dan pengembangan pariwisata agar lebih baik fisik Adapun karakteristik wisata tersebut dapat dipengaruhi oleh hal-hal berikut.
 

1.     latar belakang lingkungan
a.    faktor alam

faktor alam mempunyai pengaruh yang besar dalam membentuk sifat-sifat suatu bangsa antara lain:
•    iklim ( dingin, sedang dan panas).
•    Cuaca (kelembaban cuaca,  curah hujan, dan sebagainya).
•    biografi ( daratan dan kepulauan).
•    morfografi ( pegunungan dan sebagainya).
wisatawan yang datang dari suatu lingkungan ngan alam yang sangat keras biasanya lebih tahan dalam menghadapi kesukaran kesukaran selama berwisata, tetapi sebaliknya wisatawan yang datang dari lingkungan alam yang memanjakan akan sering menunjukkan sifat manja.
 contoh:
 wisatawan Perancis Selatan (cote d’zure), Sering menuntut banyak hal karena pengaruh alamnya yang serba nyaman dan menyenangkan. perbedaan perbedaan faktor alam tersebut juga membawa pengaruh:
•    perbedaan aspiran, berbeda, perbedaan tanggapan, dan Perbedaan pemikiran terhadap suatu objek wisata
•     perbedaan sarana hidup, keadaan rumah,  makanan,  dan pakaian
•     kebiasaan pergi dan bangun tidur, jam/ hari kerja resmi, kebiasaan memanfaatkan waktu luang, hobi, dan sebagainya.
Contoh:  
masyarakat dari negara industri pada umumnya cenderung untuk berwisata guna menghindarkan diri dari suasana bising, kerja monoton, dan keterikatan pada disiplin yang ketat.
 

b.    sejarah
sejarah suatu bangsa/ negara cara memberi warna khas terhadap watak dan sifat-sifat tertentu bangsa. oleh, seorang pramuwisata wajib mengetahui:
1.     sejarah daerah asal wisatawan.
2.     Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di negara asal wisatawan yang ada hubungannya dengan sejarah daerah tujuan wisata yang dikunjungi.
3.     tokoh-tokoh dari negara asal wisatawan
 

c.    kebudayaan
kebudayaan menentukan proses cara berpikir/ sikap, tingkah laku, telepon perkembangan taraf hidup suatu masa. agar tidak menyinggung perasaan wisatawan, pramuwisata hendaknya mengenal hal-hal berikut
1.    Ciri-ciri umum Kebudayaan Barat yaitu:
•     adanya persaingan dalam mencapai kemajuan kemajuan.
•     individualistis dan materialistis
•     disiplin dan menghargai waktu
•     setiap masalah dipertimbangkan secara rasional.
2.     ciri-ciri umum kebudayaan Timur, yaitu:
•    hubungan pribadi dalam kehidupan keluarga sangat akrab dan menonjol
•    pertimbangan rasional senantiasa diiringi dengan rasa kemanusiaan
•    kebutuhan kebendaan diusahakan berimbang dengan kebutuhan rohani
•      pengaruh Adat istiadat terasa kuat dalam kehidupan sehari-hari
 

d.    Politik
dalam hal memberikan pelayanan kepada wisatawan (khususnya wisatawan asing) yang berkaitan dengan politik negara,  kita seyogyanya memahami hal-hal umum mengenai latar belakang politik negara asal wisatawan, yang:
1.    sistem kepartaian yang berlaku
3.    sistem pemerintahan yang dianut
4.     tokoh-tokoh negara yang terkenal atau yang sedang  berkuasa
5.     kebijakan umum yang digariskan, terutama dalam bidang ekonomi, sosial, dan pendidikan, kesehatan, dan lain-lain
 

e.    Ekonomi
kebijakan pemerintah merupakan faktor utama yang mendorong seseorang melakukan perjalanan. tingkat pendapatan seseorang turut mempengaruhi pola hidup serta tingkah laku seseorang dalam berwisata. Sehubungan dengan hal tersebut, pengenalan yang perlu dikuasai pramuwisata, antara lain:
1.    kebijakan pemerintah daerah asal wisatwan
2.    pendapatan nasional dan pendapatan per kapita
3.    Hal-hal lain, seperti hubungan perekonomian antara indonesia dengan negara asal wisatawan
 

f.    sosial

Pola kehidupan seorang wisatwan juga dipengaruhi nilai-nilai sosial dari daerah asalnya (misalnya, nilai keagamaan, kepercayaan, prinsip-prinsip moral, dan sebagainya). Pola kehidupan sosial yang masih tetap dipertahankan itu dibawa serta dan dipertahankan pada waktu mereka melakukan kunjungan wisata ke objek-objek wisata. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman tentang:

1.    tata krama pergaulan
2.    Latar Belakang sosial wisatawan
3.    Adat kebiasaan di daerah asal wisatwan yang masih berlaku.
2.    Latar Belakang Pribadi
keinginan Untuk melihat,  mendengar, ar dan menikmati macam-macam atraksi wisata sangat erat kaitannya dengan jenis kelamin, tingkat umur, pendidikan,  bakat yang dimiliki, atau  status sosialnya. Dalam memberikan pelayanan kepada para wisatawan, seorang pramuwisata hendaknya mengetahui latar belakang pribadi wisatawan yang bersangkutan. hal tersebut dipengaruhi ciri-ciri berikut.
 

a.     jenis kelamin
 perbedaan jenis kelamin dapat menimbulkan perbedaan keinginan dan persepsi tentang suatu program perjalanan.  wisatawan perempuan pada umumnya lebih bersifat emosional, sedangkan wisatawan pria pada umumnya bersifat rasional
 

b.     Tingkat  umur

Tingkat umur sangat mempengaruhi ketahanan fisik, daya tanggap, serta selera/ keinginan untuk mengetahui suatu objek wisata. faktor-faktor yang berkaitan dengan tingkat umur ini biasanya berjalan searah, tetapi seringkali terjadi pertentangan intern. contohnya, ada seorang wisatawan yang ingin sekali melihat keindahan alam dari suatu tempat yang tinggi, tetapi karena umurnya yang telah lanjut, ia tidak mungkin mendaki ke tempat tersebut. di sini, seorang pramuwisata harus dapat mengambil sikap yang tepat dan mengambil alternatif lain. oleh karena itu, seorang pramuwisata hendaknya dapat mengenal hal-hal yang memikat minat wisatawan berdasarkan jenjang usia wisatawan.
1)     tingkat umur anak-anak
 anak-anak pada umumnya terpikat pada:
•    hal-hal yang merangsang panca indra ( melihat, mendengar, mengecap, merasa, dan mencium)
•    hal-hal ringan yang mudah dicerna oleh pancaindra
•    hal-hal yang sering berganti dalam hal memuaskan panca indra

•    hal-hal yang mudah membangkitkan perasaan ( misalnya Haru, sedih, gembira Ria, dan lain-lain).
2)     tingkat umur remaja
 kaum remaja pada umumnya lebih tertarik pada:
•     peristiwa-peristiwa yang mengisahkan kenangan manis, pilu, atau gembira
•     langkah-langkah yang membangkitkan latihan daya pikir
•     hal-hal yang menantang kemampuan daya fisik
•     senda gurau yang membangkitkan keterampilan
•     lelucon-lelucon sejarah yang mengingatkan daya imajinasi
•     cerita-cerita mengenai kesenian ( tari,  suara, lukis, pahat, musik, dan lain-lain)
3)    Tingkat umur dewasa
 karena banyaknya atau luasnya pengalaman yang dimiliki, mereka yang berada pada tingkat umur ini pada umumnya tertarik pada:
•     hal-hal yang membangkitkan nostalgia masa remaja
•     hal-hal yang berkaitan dengan Bakat,  pendidikan, profesi,  atau hobi
•     perkembangan aktual tentang keadaan sosial, ekonomi, dan politik
•     humor-humor jenaka yang menantang Dayak pikirnya
•     hal-hal yang bermanfaat untuk membuat awet muda.
 

c.    pendidikan
Tingkat dan  jenis pendidikan Seorang wisatawan akan mempengaruhi sikap, minat, dan keinginan untuk mengetahui kekayaan suatu objek wisata yang dikunjungi.
•     wisatawan yang latar belakang pendidikannya ilmu alam akan lebih tertarik pada fenomena alam yang terdapat pada suatu objek wisata.
•     wisatawan yang latar belakang pendidikannya ilmu sosial budaya ya akan lebih menekuni atraksi atraksi wisata budaya
•     wisatawan yang latar belakang pendidikannya Teknik Pertanian atau peternakan akan lebih menyukai objek wisata fauna dan flora
•     wisatawan yang memiliki bakat seni akan sangat tertarik apabila pramuwisata dapat memberikan penjelasan yang cukup tentang kesenian yang disenangi wisatawan itu
•     wisatawan yang latar belakang pendidikannya ilmu kedokteran akan tertarik pada masalah-masalah kesehatan
 

d.    Profesi/pekerjaan

Profesi/pekerjaan Seorang wisatawan juga memengaruhi motivasi untuk mengadakan perjalanan. Hal ini terlihat pada cara wisatawan memilih atau menentukan objek dan acara di tempat tujuan. untuk mengetahui dan mengenal karakteristik wisatawan,  pramuwisata harus banyak belajar, baik dari kepustakaan kepustakaan maupun dari pengalaman. berdasarkan karakteristiknya, profil wisatawan dikategorikan atas faktor kebangsaan, umur, jenis kelamin, status sosial, ekonomi, dan minat lainnya. berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan biro perjalanan wisata di Bali dan sebagai hasil diskusi dari para BPW  di Bandung, karakteristik beberapa bangsa/ negara sesuai dengan profil umum yang diterima dan digunakan di seluruh dunia adalah sebagai berikut.


karakteristik wisatawan mancanegara (Wisman)

Pada prinsipnya, baik staf biro perjalanan wisata maupun pramuwisata perlu mengetahui karakteristik wisatawan yang dilayani dan profil wisatawan yang berkaitan dengan kebiasaan dan tingkah laku wisatawan tersebut. berdasarkan karakteristiknya, beberapa profil wisatawan dikategorikan menurut kebangsaan, umur, jenis kelamin, status,  kelompok sosial ekonomi, konvensi dan konferensi, serta kategori minat lainnya.
a.     kebangsaan
kebangsaan wisatawan merupakan hal penting karena menyangkut kebudayaan, cara berpikir, tingkah laku, atau agama yang dianut wisatawan. Berikut ini adalah contoh karakteristik wisatawan yang berasal dari Perancis, Jerman, Inggris, Italia, Belanda, Amerika, Australia, Jepang, Malaysia, dan Singapura. untuk lebih jelasnya, Mari kita ikuti uraian berikut ini .

 

1.    Prancis
Wisatawan Perancis biasanya berorientasi pada kebudayaan, individualistis, bangga dan romantis, serta disiplin. Karakteristik yang lainnya sebagai berikut.
a.     sangat tertarik dengan kebudayaan yang masih murni
b.     sangat tertarik untuk mempelajari atau mengunjungi daerah yang mempunyai atraksi wisata yang spesifik dan tidak di komersialkan
c.     suka mencoba pengalaman dan aktivitas baru dan cenderung melakukan petualangan
d.     menyukai kerajinan tangan dan barang unik
e.     lambat dalam memilih restoran dan barang yang akan dibeli
f.     bersahabat, disiplin, bertingkah laku yang baik, dan mematuhi regulasi daerah. namun, mereka udah kecewa apabila tidak menyukai sesuatu
g.     suka berkomunikasi dengan bahasa mereka sendiri. mereka menyukai pemandu wisata yang berbicara bahasa Perancis walaupun mereka dapat berbahasa Inggris
h.     karena mereka mempunyai keinginan yang spesifik mereka sulit untuk ditangani
 

2.     Jerman
 wisatawan dari Jerman dikenal sebagai orang yang disiplin, terorganisasi dengan baik, dan teliti dalam memperhatikan sesuatu. karakteristik yang lainnya adalah sebagai berikut.
a.    tertarik pada kebudayaan tradisional dan suka membandingkan nya dengan kebudayaan tradisional yang lain
b.     lebih suka mengunjungi daerah yang masih murni. mereka sering memakan waktu yang lama dalam menyaksikan atraksi wisata karena mereka menginginkannya  secara tuntas
c.    sangat tertarik untuk mendengarkan pemandu wisata dan menginginkan informasi yang sangat mendetail
d.    lebih   menyukai barang yang terbuat dari kayu dan batu
e.    menyukai perjalanan dengan sesama bangsanya
f.    sopan, bertingkah laku yang baik, dan akan mengomentari setiap pengalaman mereka secara langsung.
 

3.    Inggris
wisatawan dari Inggris Sangat terbuka, bersahabat, dan kurang disiplin. karakteristik yang lain adalah sebagai berikut
a.     menyukai kebudayaan tradisional, seni, dan pemandangan yang romantis
b.     terbuka, komunikatif romantis dan ekspresif
c.    Kurang disiplin
d.     mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan daerah setempat
e.     menyukai tempat dan hotel-hotel mewah
f.     membutuhkan pemandu wisata yang dapat berbahasa Inggris
 

4.    Italia
Beberapa ciri yang dapat dikenali dari orang Italia adalah sebagai berikut
a.     menyukai kebudayaan tradisional dan seni, serta pemandangan yang romantis, seperti pantai yang indah dan pemandangan pohon palem
b.     terbuka, komunikasi, romantis, ekspresif dan agak cerewet, khususnya dengan orang sebangsa
c.     kurang disiplin dan sulit ditangani dalam perjalanan, Tetapi mereka mudah beradaptasi dengan keadaan setempat
d.     menyukai tempat dan hotel mewah, tetapi juga hemat
e.     sering membutuhkan pramuwisata yang dapat berbahasa Italia
 

5.    Belanda
 wisatawan dari Belanda dikenal sebagai orang yang disiplin, dan organ terorganisir, dan   mempunyai minat Yang sedikit terhadap  daerah wisata di Indonesia. karakteristik lainnya sebagai berikut
a.     merasa mempunyai hubungan sejarah yang kuat dengan Indonesia. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena memang Belanda pernah menjajah Indonesia. oleh karena itu, mereka lebih suka mengunjungi tempat-tempat bersejarah untuk bernostalgia
b.     sangat tertarik dengan bentuk-bentuk kebudayaan dan pemandangan alam yang indah
c.     membutuhkan informasi yang akurat dan spesifik. mereka akan sangat kecewa apabila informasi yang diberikan tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
d.     bersahabat dan menyukai humor, tetapi tidak terbuka dalam memberikan komentar atau reaksi
e.     memperhatikan sanitasi dan kesehatan, khususnya padahal makanan dan minuman
 

6.    Amerika
 wisatawan dari Amerika dikenal sebagai orang yang mempunyai minat dan apresiasi pada budaya, terbuka, jujur, dan bersahabat. mereka selalu mengharapkan fasilitas dan pelayanan yang berkualitas terbuka. karakteristik lainnya sebagai berikut.
a.     menyukai aspek kebudayaan tradisional dan upacara adat istiadat.  mereka tidak tertarik secara mendalam pada bentuk kebudayaan. namun, mereka menyukai pemandangan indah
b.     menyukai hotel yang mewah serta pelayanan yang baik.
c.     mementingkan kebersihan dan sanitasi, khususnya makanan dan minuman
d.     tidak menyukai perjalanan panjang. mereka lebih menyukai perjalanan pendek dan sering berpindah-pindah.
e.     membutuhkan informasi yang akurat
f.     terbuka dalam memberikan komentar atau reaksi, terutama tentang fasilitas pelayanan
g.     sopan, tingkah laku baik, sedikit formal, dan bersahabat
h.     mudah ditangani Apabila mereka mendapatkan kenyamanan fasilitas dan pelayanan yang baik
 

7.    Jepang
 wisatawan Jepang dikenal sebagai orang yang tertutup. mereka Hanya akan patuh dan taat Pada salah satu anggota kelompok mereka sendiri. karakteristik lainnya adalah sebagai berikut.
a.     tidak begitu tertarik pada kebudayaan dan atraksi wisata
b.     mereka lebih suka melihat suatu objek wisata dengan waktu relatif singkat
c.     melakukan perjalanan dalam bentuk kelompok
d.     Selalu menaati jadwal perjalanan dan jarang membatalkan perjanjian yang telah disepakati
e.     terorganisasi dan mempunyai disiplin yang baik.  namun,  kadang-kadang agak kasar terhadap orang yang di sekitarnya
f.     lebih menyukai masakan Jepang dan Eropa
g.     senang berbelanja tanpa batas
h.     menyukai hotel yang mewah dan pelayanan yang berkualitas tinggi
i.     Membutuhkan pemandu wisata yang dapat berbahasa Jepang
j.     tidak memerlukan penjelasan yang detail
k.     menyukai kehidupan malam
l.     menyukai fotografi
m.     membutuhkan waktu luang untuk beraktivitas perjalanan
n.     tidak pernah membantah selama melakukan perjalanan wisata. namun, mereka sering mengirimkan surat keluhan kepada perusahaan perjalanan Apabila mereka kecewa terhadap perjalanan wisatanya
 

8.    Australia
 wisatawan asal Australia biasanya terbuka, bersahabat, dan individualistis. Kebanyakan orang Australia telah mengetahui kebudayaan orang Indonesia karena dari sisi geografis, Australia berdekatan dengan Indonesia. karakteristik lainnya adalah sebagai berikut
a.    menyukai kebudayaan, desa-desa, dan aktivitas pantai yang tradisional. mereka tidak begitu tertarik pada kebudayaan Indonesia
b.    bersahabat, terus terang, humoris  dan dan tidak formal, serta menyukai sosialisasi dengan penduduk setempat
c.     lebih menyukai perjalanan sendiri namun, apabila mereka melakukan perjalanan ke kelompok, mereka hanya akan mempercayai informasi dari pemandu wisata
d.    menerima dan  menyukai fasilitas yang sederhana
e.    apabila melakukan perjalanan  sendiri, mereka sering berpindah-pindah hotel.
 

9.    Malaysia
 karakteristik wisatawan dari Malaysia adalah sebagai berikut
a.     Sangat tertarik pada keindahan alam
b.     Ada mereka tidak tertarik pada kebudayaan Indonesia karena dianggap mempunyai kesamaan dengan budayanya
c.     menerima akomodasi yang sederhana dan makanan lokal
d.     selama perjalanan mereka mudah ditangani dan disiplin
e.     mereka tidak terlalu tertarik untuk berbelanja
 

10.    Singapura
 wisatawan dari Singapura adalah orang yang mempunyai latar belakang adat istiadat Cina dan mendapat pengaruh dari Eropa. mereka tidak terlalu mementingkan fasilitas dan pelayanan, serta menyukai acara belajar. karakteristik lainnya adalah sebagai berikut
a.     sangat tertarik dengan atraksi alam dan perkembangan yang terjadi
b.     mereka tidak terlalu suka pada kebudayaan

karakteristik wisatawan domestik (Wisdom)

Wisatawan domestik atau wisatawan Nusantara adalah penduduk atau warga suatu negara yang melakukan perjalanan wisata dalam batas wilayah negara sendiri atau seorang penduduk yang melakukan perjalanan ke tempat lain selain tempat tinggalnya dan perjalanan tersebut dilakukan dalam ruang lingkup antar daerah.
 wisatawan domestik juga memiliki karakteristik sendiri. berdasarkan pengalaman di lapangan, beberapa karakteristik wisatawan domestik adalah sebagai berikut.
1.     kebanyakan melakukan perjalanan sendiri sendiri atau menggunakan organisasi wisata lokal
2.     tidak membutuhkan biro perjalanan
3.     biasanya melakukan perjalanan adalah dalam bentuk keluarga
4.     jika menggunakan agen perjalanan, mereka akan dikenai biaya yang sama dengan wisatawan asing
5.    Melakukan perjalanan untuk melihat sesuatu yang dianggap lain
6.     beberapa wisatawan mempunyai minat tersendiri pada upacara dan tempat-tempat keagamaan
7.     apabila dalam bentuk kelompok, mereka mudah ditangani
8.     cenderung  tidak disiplin dan membutuhkan penanganan khusus
9.     berbelanja merupakan aktivitas yang populer
10.     kebutuhan akan fasilitas dan Pelayanan sangat fleksibel

Untuk mendapatkan materi  Karakteristik Wisatawan dalam bentuk pdf silahkan unduh filenya pada kahir artikel ini

Bagi para rekan guru yang berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mapel kepariwisataan kelas X SMK silahkan klik DISINI.

Baca juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »