Silabus Gambar Teknik Listrik Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru |
Silabus Kurikulum 2013 Revisi Terbaru - Silabus Gambar Teknik Listrik Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Download juga Silabus Produk Pastry Dan Bakery Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Berikut ini merupakan Kompetensi Dasar dari mata pelajaran Gambar Teknik Listrik Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
3.1 Menerapkan peralatan dan kelengkapan gambar teknik
4.1 Menggunakan alat dan kelengkapan gambar teknik
3.2 Menerapkan konsep dan aturan gambar teknik
4.2 Menggunakan konsep dan aturan gambar teknik
3.3 Membedakan garis-garis gambar teknik berdasarkan bentuk dan fungsi garis
4.3 Menggambar garis-garis gambar teknik sesuai bentuk dan fungsi garis
3.4 Menerapkan simbol huruf, simbol angka dan etiket gambar teknik
4.4 Menggambar simbol huruf,simbol angka dan etiket gambar teknik
3.5 Menerapkan gambar rangkaian kontrol listrik
4.5 Menggambar rangkaian kontrol listrik
3.6 Menerapkan gambar rangkaian elektronika
4.6 Menggambar rangkaian elektronika
3.7 Menganalsis gambar layout PCB rangkaian elektronika
4.7 Merancang gambar layout PCB rangkaian elektronika
3.8 Menentukan jenis software aplikasi untuk gambar rangkaian kontrol listrik dan rangkaian elektronika
4.8 Menggunakan jenis-jenis software aplikasi untuk gamba rangkaian kontrol listrik dan rangkaian elektronika
3.9 Menganalisis gambar rangkaian kontrol listrik dan rangkaian elektronika dengan software aplikasi
4.9 Merancang gambar rangkaian kontrol listrik dan rangkaian elektronika dengan software aplikasi
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Download juga Silabus Produk Pastry Dan Bakery Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Download jugaSilabus Kualitas Air dan Hama Penyakit Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi TerbaruKOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Berikut ini merupakan Kompetensi Dasar dari mata pelajaran Gambar Teknik Listrik Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Download juga Silabus Desain Media Interaktif Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017Kompetensi Dasar
3.1 Menerapkan peralatan dan kelengkapan gambar teknik
4.1 Menggunakan alat dan kelengkapan gambar teknik
3.2 Menerapkan konsep dan aturan gambar teknik
4.2 Menggunakan konsep dan aturan gambar teknik
3.3 Membedakan garis-garis gambar teknik berdasarkan bentuk dan fungsi garis
4.3 Menggambar garis-garis gambar teknik sesuai bentuk dan fungsi garis
3.4 Menerapkan simbol huruf, simbol angka dan etiket gambar teknik
4.4 Menggambar simbol huruf,simbol angka dan etiket gambar teknik
3.5 Menerapkan gambar rangkaian kontrol listrik
4.5 Menggambar rangkaian kontrol listrik
3.6 Menerapkan gambar rangkaian elektronika
4.6 Menggambar rangkaian elektronika
3.7 Menganalsis gambar layout PCB rangkaian elektronika
4.7 Merancang gambar layout PCB rangkaian elektronika
3.8 Menentukan jenis software aplikasi untuk gambar rangkaian kontrol listrik dan rangkaian elektronika
4.8 Menggunakan jenis-jenis software aplikasi untuk gamba rangkaian kontrol listrik dan rangkaian elektronika
3.9 Menganalisis gambar rangkaian kontrol listrik dan rangkaian elektronika dengan software aplikasi
4.9 Merancang gambar rangkaian kontrol listrik dan rangkaian elektronika dengan software aplikasi
Download juga Silabus Mekanika Teknik Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017Dalam rangka membantu para rekan guru khususnya guru mata pelajaran Gambar Teknik Listrik Kelas X SMK Bidang Keahlian Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dalam membuat dan menyiapkan perangkat pembelajaran berikut ini saya bagikan Silabus Gambar Teknik Listrik Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkapnya silahkan klik DISINI.
Download juga RPP Gambar Teknik Listrik Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru