Silabus Desain Media Interaktif Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Silabus SMK K13 Revisi 2017 - Silabus Desain Media Interaktif Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Multimedia
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Multimedia.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
3.1 Memahami konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.1 Mendemontrasikan konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.2 Memahami (desain /perancangan alur) untuk multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.2 Membuat (desain/perancangan alur) untuk multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.3 Menerapkan prinsip-prinsip desain user interface pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.3 Membuat user interface menggunakan prinsip-prinsip desain user interface pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.4 Menerapkan prosedur pengoperasian aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.4 Mengoperasikan aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.5 Menerapkan cara penggabungan image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.5 Menggabungkan image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.6 Memahami style pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.6 Membuat style pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.7 Mengevaluasi produk web
4.7 Membuat review terhadap produk web
3.8 Menerapkan teknik pemrograman (coding) pada multimedia interaktif
4.8 Menggunakan program (coding) pada multimedia interaktif
3.9 Menerapkan pengolahan multimedia interaktif menggunakan kode program (coding)
4.9 Mengolah multimedia interaktif menggunakan kode program (coding)
3.10 Memahami mekanisme pengolahan data pada produk multimedia interaktif
4.10 Mengolah data pada produk multimedia interaktif
3.11 Memahami publikasi multimedia interaktif
4.11 Melakukan publikasi multimedia interaktif
3.12 Menerapkan pembuatan produk multimedia interaktif
4.12 Mendesain produk multimedia interaktif
3.13 Mengevaluasi produk media interaktif
4.13 Membuat laporan pembuatan produk multimedia interaktif
Silabus Desain Media Interaktif Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran Desain Media Interaktif agar siswa mampu mengembangkan kepercayaan diri sebagai komunikator, pemikir (termasuk pemikir imajinatif), dan menjadi warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Silabus Desain Media Interaktif ini bersifat fleksibel. Guru mata pelajaran Desain Media Interaktif secara leluasa dapat membina dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berkomunikasi yang diperlukan siswa dalam menempuh pendidikan, hidup di lingkungan sosial, dan berkecakapan di dunia kerja.
Untuk lebih jelasnya mengenai Silabus Desain Media Interaktif Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Multimedia silahkan download filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Desain Media Interaktif Kelas XII silahkan klik Disini.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Download juga Silabus Akuntansi Keuangan kelas 12 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Multimedia.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Download juga Silabus Elemen Mesin dan Penggerak Kapal Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017Berikut ini merupakan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Desain Media Interaktif Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Multimedia
3.1 Memahami konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.1 Mendemontrasikan konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.2 Memahami (desain /perancangan alur) untuk multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.2 Membuat (desain/perancangan alur) untuk multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.3 Menerapkan prinsip-prinsip desain user interface pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.3 Membuat user interface menggunakan prinsip-prinsip desain user interface pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.4 Menerapkan prosedur pengoperasian aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.4 Mengoperasikan aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.5 Menerapkan cara penggabungan image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.5 Menggabungkan image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.6 Memahami style pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.6 Membuat style pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.7 Mengevaluasi produk web
4.7 Membuat review terhadap produk web
3.8 Menerapkan teknik pemrograman (coding) pada multimedia interaktif
4.8 Menggunakan program (coding) pada multimedia interaktif
3.9 Menerapkan pengolahan multimedia interaktif menggunakan kode program (coding)
4.9 Mengolah multimedia interaktif menggunakan kode program (coding)
3.10 Memahami mekanisme pengolahan data pada produk multimedia interaktif
4.10 Mengolah data pada produk multimedia interaktif
3.11 Memahami publikasi multimedia interaktif
4.11 Melakukan publikasi multimedia interaktif
3.12 Menerapkan pembuatan produk multimedia interaktif
4.12 Mendesain produk multimedia interaktif
3.13 Mengevaluasi produk media interaktif
4.13 Membuat laporan pembuatan produk multimedia interaktif
Download juga RPP Desain Media Interaktif Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017Silabus Desain Media Interaktif Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan Silabus Desain Media Interaktif Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.
Silabus Desain Media Interaktif Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran Desain Media Interaktif agar siswa mampu mengembangkan kepercayaan diri sebagai komunikator, pemikir (termasuk pemikir imajinatif), dan menjadi warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Silabus Desain Media Interaktif ini bersifat fleksibel. Guru mata pelajaran Desain Media Interaktif secara leluasa dapat membina dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berkomunikasi yang diperlukan siswa dalam menempuh pendidikan, hidup di lingkungan sosial, dan berkecakapan di dunia kerja.
Untuk lebih jelasnya mengenai Silabus Desain Media Interaktif Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Multimedia silahkan download filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Desain Media Interaktif Kelas XII silahkan klik Disini.
Download juga Silabus Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 11 SMK Revisi 2017
1 comments:
commentsudah ga bisa di download ya min?
Reply