Silabus Akuntansi Keuangan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://smkindonesia1.blogspot.com/
Silabus Akuntansi Keuangan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Silabus Akuntansi Keuangan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Download juga Akuntansi Keuangan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Berikut ini merupakan Kompetensi Dasar Akuntansi Keuangan Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga


Kompetensi Dasar
3.13 Menerapkan asset tetap
4.13 Melakukan pencatatan asset tetap
3.14 Menerapkan metode penyusutan asset tetap dan pencatatannya
4.14 Melakukan pencatatan penyusutan asset tetap
3.15 Mengevaluasi pengeluaran untuk pemeliharaan/pengembangan aset tetap dan penghentian asset tetap
4.15 Membuat keputusan pengeluaran untuk pemeliharaan/pengembangan aset tetap dan penghentian asset tetap
3.16 Menganalisis pencatatan beban deplesi aset tetap berupa sumber daya alam
4.16 Melakukan pencatatan beban deplesi aset tetap berupa sumber daya alam
3.17 Menganalisis aset tetap tidak berujud serta amortisasinya
4.17 Melakukan pencatatan aset tetap tidak berujud serta amortisasinya
3.18 Menerapkan pencatatan utang wesel jangka panjang
4.18 Melakukan pencatatan utang wesel jangka panjang
3.19 Menerapkan pencatatan penerbitan utang obligasi
4.19 Melakukan pencatatan penerbitan utang obligasi
3.20 Menganalisis penjualan konsinyasi
4.20 Melakukan pencatatan penjualan konsinyasi
3.21 Menganalisis berbagai jenis modal perusahaan (Perbedaan Modal perorangan, firma, PT, cv, dan Koperasi)
4.21 Melakukan pencatatan modal perusahaan (Modal perorangan, firma, PT, cv, dan Koperasi)

Dalam rangka membantu para rekan guru khususnya guru mata pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XII SMK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga dalam menyiapkan perangkat pembelajaran berikut ini saya bagikan Silabus Akuntansi Keuangan Kelas XII SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017  yang sudah di kembangkan menjadi tujuh kolom yang bisa rekan rekan guru download filenya di bawah ini atau bisa juga dengan mengunjungi halaman DISINI.

Download juga Silabus Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur kelas 12 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »