Silabus Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Silabus SMK K13 Revisi 2017 - Silabus Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (C3) Tahun Pelajaran 2018/2019.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR (KD) Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
3.1 Menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja, dan lingkungan
4.1 Melaksanakan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja, dan lingkungan
3.2 Memahami persyaratan gambar proyeksi bangunan
4.2 Menyajikan persyaratan gambar proyeksi bangunan
3.3 Menerapkan gambar site plan
4.3 Membuat gambar site plan
3.4 Menerapkan prosedur pembuatan gambar denah Gedung
4.4 Membuat gambar denah Gedung
3.5 Menerapkan prosedur pembuatan gambar tampak Gedung
4.5 Membuat gambar tampak Gedung
3.6 Menerapkan prosedur pembuatan gambar potongan Gedung
4.6 Membuat gambar potongan Gedung
3.7 Menerapkan prosedur pembuatan gambar detail pondasi dan sloof
4.7 Membuat gambar detail pondasi dan sloof
3.8 Menerapkan prosedur pembuatan gambar detail kolom dan balok
4.8 Membuat gambar detail kolom dan balok
3.9 Menerapkan prosedur pembuatan gambar detail plat
4.9 Membuat gambar detail plat
3.10 Menerapkan prosedur pembuatan gambar detail stuktur rangka atap
4.10 Membuat gambar detail stuktur rangkat atap
3.11 Menerapkan prosedur pembuatn gambar detail kusen pintu dan jendela
4.11 Membuat gambar detail kusen pintu dan jendela
3.12 Menerapkan prosedur pembuatan detail plafond
4.12 Membuat gambar detail plafond
3.13 Menerapkan Prosedur Pembuatan gambar konstruksi tangga
4.13 Membuat gambar konstruksi tangga
3.14 Menerapkan prosedur pembuatan gambar detail kamar mandi/WC
4.14 Menggambar detail kamar mandi/wc
Kegiatan Pembelajaran pada Silabus Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dapat disesuaikan dan diperkaya dengan konteks lokal atau sekolah, serta konteks global untuk mencapai kualitas optimal hasil belajar pada siswa terhadap Kompetensi Dasar. Kontekstualisasi pembelajaran tersebut dilakukan agar siswa tetap berada pada budayanya, mengenal dan mencintai alam dan sosial di sekitarnya, dengan perspektif global sekaligus menjadi pewaris bangsa sehingga akan menjadi generasi tangguh dan berbudaya Indonesia.
Untuk mendapatkan Silabus Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti Kompetensi Keahlian : Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (C3) Tahun Pelajaran 2018/2019 silahkan download filenya di bawah ini. Atau bisa juga dengan mengunjungi Halaman Disini.