Silabus Teknologi Menjahit Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Silabus Teknologi Menjahit Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Tata BusanaKompetensi Keahlian Tata Busana (C2) Jam Pelajaran 144 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Download juga silabus Perbankan Dasar Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Tata Busana pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Tata Busana
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Download juga silabus Teknik Pengelasan Busur Manual (SMAW) Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017KOMPETENSI DASAR mata pelajaran Teknologi Menjahit Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
3.1 Menganalisis keselamatan dan kecelakaan kerja
4.1 Menganalisis keselamatan dan kecelakaan kerja
3.2 Menerapkan teknik menjahit
4.2 Melakukan teknik menjahit
3.3 Menerapkan mesin jahit manual dan industri
4.3 Mengoperasikan mesin jahit manual dan industri
3.4 Menerapkan mesin jahit penyelesaian
4.4 Mengoperasikan mesin jahit penyelesaian
3.5 Menganalisis kampuh pada suatu produk
4.5 Membuat kampuh pada suatu produk
3.6 Menganalisis pemeliharaan mesin jahit manual dan mesin jahit industry
4.6 Melakukan pemeliharaan mesin jahit manual dan industry
3.7 Menganalisis limbah busana
4.7 Membuat produk dari limbah busana
3.8 Menganalisis bagian–bagian busana dalam suatu produk
4.8 Membuat bagian-bagian busana dalam suatu produk
3.9 Menganalisis belahan dalam suatu produk
4.9 Membuat belahan dalam suatu produk
3.10 Mengevaluasi hasil pemeriksaan mutu jahitan busana dalam suatu produk
4.10 Membuat laporan hasil evaluasi pemeriksaan mutu jahitan dalam suatu produk
3.11 Menganalisis penyelesain jahit tangan pada busana
4.11 Membuat penyelesaian jahit tangan pada pada busana
Download juga silabus Dasar Perancangan Teknik Mesin Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017Untuk mendapatkan Silabus Teknologi Menjahit Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Tata BusanaKompetensi Keahlian Tata Busana (C2) Jam Pelajaran 144 JP (@ 45 Menit) silahkan download filenya di bawah ini. Atau bisa juga dengan mengunjungi Halaman Disini.
Download juga
Silabus Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017
Silabus Dasar Listrik dan Elektronika Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017
Silabus Farmakognosi Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017
1 comments:
commentsTerima kasih untuk referensinya, sangat membantu untuk menyusun administrasi guru
Reply