RPP 1 Lembar Administrasi Transaksi Kelas XI dan XII SMK K13 Revisi 2020 |
RPP 1 Lembar Administrasi Transaksi Kelas XI dan XII SMK K13 Revisi 2020 sesuai dengan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid adapun penyederhanaannya meliputi sistematika dan komponen yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMK N
Mata Pelajaran : Administrasi Transaksi
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Materi Pokok : Mesin Pembayaran Dalam Transaksi
Pertemuan Ke : 1
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik diharapkan mampu : Menjelaskan berbagai jenis mesin pembayaran dalam transaksi, Memahami berbagai jenis mesin pembayaran dalam transaksi serta mampu Menyiapkan dan Menggunakann mesin pembayaran dalam transaksi dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
Sintaks
Orientasi Peserta didik pada masalah
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMK N
Mata Pelajaran : Administrasi Transaksi
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Materi Pokok : Mesin Pembayaran Dalam Transaksi
Pertemuan Ke : 1
Download juga : RPP 1 Lembar Otomatisasi Tata Kelola Keprotokolan 11 SMK1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik diharapkan mampu : Menjelaskan berbagai jenis mesin pembayaran dalam transaksi, Memahami berbagai jenis mesin pembayaran dalam transaksi serta mampu Menyiapkan dan Menggunakann mesin pembayaran dalam transaksi dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
- Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
- Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
Download juga : RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMKb. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks
Orientasi Peserta didik pada masalah
- Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Cash Register Manual
- Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Cash Register Manual
- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Cash Register Manual
- Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Cash Register Manual
- Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Cash Register Manual
Download juga : RPP 1 Lembar Kearsipan Kelas X SMKc. Kegiatan penutup
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Download juga : RPP 1 Lembar Basis Data Kelas XI SMKDalam rangka membantu para rekan guru dalam membuat dan menyusun RPP 1 Lembar atau 1 Halaman berikut ini saya bagikan RPP 1 Lembar Administrasi Transaksi Kelas XI dan XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 Untuk mendapatkannya silahkan download filenya yang sudah kami kemas dalam bentuk pdf pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Administrasi Transaksi dan RPP 1 Lembar Administrasi Transaksi Kelas XI dan XII SMK silahkan klik DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-5050-4500