Silabus Pengujian Mutu Pangan, Non Pangan, Air dan Limbah Industri Pertanian Kelas XI SMK Kurikulum 2013

https://smkindonesia1.blogspot.com/
Silabus Pengujian Mutu Pangan, Non Pangan, Air dan Limbah Industri Pertanian Kelas XI SMK Kurikulum 2013

Silabus SMK K13 Revisi 2018 - Silabus Pengujian Mutu Pangan, Non Pangan, Air dan Limbah Industri Pertanian Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Kompetensi Keahlian Pengawasan Mutu Hasil Pertanian

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Download juga Buku Pengujian Mutu Pangan, Non Pangan, Air dan Limbah Industri Pertanian Kelas XI SMK Kurikulum 2013
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Pengawasan Mutu Hasil Pertanian pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan keahlian dan lingkup kerja Pengawasan Mutu Hasil Pertanian.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Download juga RPP Pengujian Mutu Pangan, Non Pangan, Air dan Limbah Industri Pertanian Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi  2018

Berikut ini merupakan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Pengujian Mutu Pangan, Non Pangan, Air dan Limbah Industri Pertanian Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Kompetensi Keahlian Pengawasan Mutu Hasil Pertanian
Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis standar mutu umbi-umbian dan hasil olahnya
4.1 Melaksanakan pengujian mutu umbi-umbian dan hasil olahnya
3.2 Menganalisis standar mutu serealia dan hasil olahnya
4.2 Melaksanakan pengujian mutu serealia dan hasil olahnya
3.3 Menganalisis standar mutu kacang-kacangan dan hasil olahnya
4.3 Melaksanakan pengujian mutu kacang-kacangan dan hasil olahnya
3.4 Menganalisis standar mutu bahan sumber lemak/minyak pangan dan hasil olahnya
4.4 Melaksanakan pengujian mutu bahan sumber minyak/lemak pangan dan hasil olahnya
3.5 Menganalisis standar mutu susu segar dan hasil olahnya
4.5 Melaksanakan pengujian mutu susu segar dan hasil olahnya
3.6 Menganalisis standar mutu bahan penyegar dan hasil olahnya
4.6 Melaksanakan pengujiian mutu bahan penyegar dan hasil olahnya
3.7 Mennanalisis standar mutu sayur-sayuran dan hasil olahnya
4.7 Melaksanakan pengujian mutu sayur-sayuran dan hasil olahnya
3.8 Menganalissis standar mutu buah-buahan dan hasil olahnya
4.8 Melaksanakan pengujian mutu buah-buahan dan hasil olahnya
3.9 Menganalisis standar mutu nira dan hasil olahnya
4.9 Melaksanakan pengujian mutu nira dan hasil olahnya
3.10 Menganalisis standar mutu daging dan hasil olahnya
4.10 Melaksanakan pengujian mutu daging dan hasil olahnya
3.11 Menganalisis standar mutu telur segar dan hasil olahnya
4.11 Melaksanakan pengujian mutu telur segar dan hasil olahnya
3.12 Menganalissis standar mutu ikan dan hasil olahnya
4.12 Melaksanakan pengujian mutu ikan dan hasil olahnya
3.13 Menganalissis standar mutu hasil perikanan selain ikan dan hasil olahnya
4.13 Melaksanakan pengujian mutu hasil perikanan selain ikan dan hasil olahnya
Download juga RPP Penataan Produk Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018
Silabus Pengujian Mutu Pangan, Non Pangan, Air dan Limbah Industri Pertanian Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terbaru ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan Silabus Pengujian Mutu Pangan, Non Pangan, Air dan Limbah Industri Pertanian Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus Pengujian Mutu Pangan, Non Pangan, Air dan Limbah Industri Pertanian Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran Sablon agar siswa mampu mengembangkan kepercayaan diri sebagai komunikator, pemikir (termasuk pemikir imajinatif), dan menjadi warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Silabus Pengujian Mutu Pangan, Non Pangan, Air dan Limbah Industri Pertanian Kelas XI SMK ini bersifat fleksibel. Guru mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan secara leluasa dapat membina dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berkomunikasi yang diperlukan siswa dalam menempuh pendidikan, hidup di lingkungan sosial, dan berkecakapan di dunia kerja.
Download juga RPP Keamanan Pangan, Penyimpanan dan Penggudangan Kelas XII SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018
Untuk lebih jelasnya mengenai Silabus Pengujian Mutu Pangan, Non Pangan, Air dan Limbah Industri Pertanian Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2018 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Kompetensi Keahlian Pengawasan Mutu Hasil Pertanian silahkan download filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Pengujian Mutu Pangan, Non Pangan, Air dan Limbah Industri Pertanian Kelas XI SMK Revisi 2018 silahkan klik DISINI.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »