Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KIKD) IPA Terapan Revisi 2017

Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KIKD) IPA Terapan Revisi 2017
KIKD IPA TERAPAN KELAS 10 SMK
Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KIKD) IPA Terapan Kelas X SMK Revisi 2017 Bidang Keahlian Pariwisata Program Keahlian Kuliner Kompetensi Keahlian Tata Boga (C1) Kurikulum 2013 

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Di bawah ini merupakan Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KIKD) IPA Terapan Kurikulum 2013 Revisi 2017 sesuai dengan KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH NOMOR: 330/D.DS/KEP/KR/2017 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN MUATAN NASIONAL (A), MUATAN KEWILAYAHAN (B), DASAR BIDANG KEAHLIAN (Cl), DASAR PROGRAM KEAHLIAN (C2), DAN KOMPETENSI KEAHLIAN (C3)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Boga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Boga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR

3.1.    Menerapkan besaran fisika
4.1.   Mengukur besaran-besaran
fisika yang digunakan di bidang pariwisata

3.2.    Menganalisis hubungan gaya, usaha, dan energi dalam masalah gerak
4.2.   Memecahkan masalah gerak
benda di bidang pariwisata berdasarkan konsep gaya, usaha, dan energi

3.3.    Menganalisis elatisitas dan tegangan permukaan
4.3.   Melakukan percobaan
elastisitas dan tegangan permukaan di bidang pariwisata

3.4.    Menganalisis hubungan suhu dan kalor
4.4.   Melakukan percobaan pengaruh kalor terhadap
perubahan suhu, wujud, dan bentuk benda di bidang pariwisata

3.5.    Menerapkan besaran listrik
4.5.   Menghitung biaya energi listrik yang digunakan berdasarkan
pemakaian dan teknologi alat- alat elektonik di bidang pariwisata.

3.6.    Menganalisis materi dan perubahannya
4.6.   Melakukan percobaan perubahan materi dan
pemisahan campuran di bidang pariwisata

3.7.    Menganalisis larutan dan konsentrasi larutan
4.7.   Membuat larutan pada konsentrasi tertentu di bidang pariwisata

3.8.    Menganalisis asam, basa, dan garam
4.8.   Melakukan percobaan sifat asam, basa, dan garam di
bidang pariwisata

3.9.    Mengevaluasi sistem koloid
4.9.   Melakukan percobaan untuk
membuktikan sistem koloid di bidang pariwisata

3.10.  Menganalisis reaksi oksidasi dan reduksi
4.10. Melakukan percobaan reaksi oksidasi dan reduksi di bidang pariwisata

3.11.  Menganalisis makromolekul
4.11. Menguji secara kualitatif kandungan karbohidrat, protein
dan lemak dalam bahan yang digunakan di bidang pariwisata

3.12.  Memahami sifat, jenis,  dan dampak penggunaan polimer
4.12. Melakukan identifikasi dampak dari penggunaan polimer di bidang pariwisata

3.13.  Menganalisis dampak pencemaran terhadap keseimbangan ekosistem
4.13. Melakukan penanganan limbah di bidang pariwisata untuk
menjaga keseimbangan ekosistem

Baca juga artikel terkait lainnya seperti:
Silabus IPA Terapan Kurikulum 2013 Revisi 2017
KIKD Simulasi dan Komunikasi Digital Revisi 2017
Silabus Produksi Pakan Alami dan Buatan Revisi 2017

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »