Materi Kepariwisataan X Bab 6, Organisasi Kepariwisataan Subbab A. Organisasi Kepariwisataan

Materi Kepariwisataan X Bab 6, Organisasi Kepariwisataan Subbab A Organisasi Kepariwisataan

Kompetensi Dasar:
3.6 Memahami organisasi kepariwisataan (nasional, regional dan internasional)
4.6 Mengklasifikasikan organisasi kepariwisataan (nasional, regional dan internasional)

Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari bab ini, Anda diharapkan mampu:
mendeskripsikan organisasi kepariwisataan (internasional, regional, dan nasional)

Pendahuluan

Pariwisata memiliki peran penting dan strategis bagi suatu daerah atau negara, misalnya dari bidang ekonomi yang dapat memberikan dampak positif, yaitu peluang usaha baru, penyerapan tenaga kerja, dan tumbuhnya bisnis ekonomi kreatif. Oleh karena itu, perlu peran kelembagaan (organisasi/instansi) pemerintah dan swasta.

Pariwisata sebagai sektor andalan perolehan devisa di berbagai negara telah menarik minat sejumlah organisasi kepariwisataan, baik skala nasional, regional, maupun internasional untuk membantu kemajuan dan pengembangan usaha pariwisata. Pada bab ini akan diuraikan tentang beberapa organisasi kepariwisataan yang ada di Indonesia dan di dunia.

A Pengertian Organisasi Kepariwisataan

Organisasi kepariwisataan adalah suatu perhimpunan badan usaha yang bertujuan menyamakan visi, misi, dan kegiatannya untuk memajukan organisasi dan mengembangkan usaha pariwisata dalam ruang lingkup, baik nasional, regional, maupun internasional. Di Indonesia, organisasi kepariwisataan (tourist organization) meliputi dua kategori, yaitu sebagai berikut.

1) Organisasi kepariwisataan pemerintah yang dibentuk pemerintah (government tourist office).

2) Organisasi kepariwisataan nonpemerintah yang dibentuk berbagai macam perusahaan atau industri pariwisata (private tourist office).

Tujuan organisasi atau asosiasi kepariwisataan adalah sebagai berikut.
1. Menciptakan iklim atau suasana yang lebih baik dalam kegiatan kepariwisataan.
2. Meningkatkan kerja sama antaranggota.
3. Memanfaatkan daerah tujuan wisata secara maksimal untuk kepariwisataan.
4. Meningkatkan dan membangun industri pariwisata sebagai kontribusi pembangunan ekonomi.
5. Meningkatkan kemakmuran secara menyeluruh, hak asasi manusia, dan kebebasan dasar untuk semua tanpa memandang perbedaan suku, ras, bahasa, agama, dan jenis kelamin.

Menurut H. Robinson, dalam bukunya A Geography of Tourism, fungsi organisasi kepariwisataan adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan penelitian aspek-aspek yang berhubungan dengan kegiatan kepariwisataan secara kontinu.
  2. Memberikan pengertian dan menyebarluaskan arti penting pariwisata sebagai suatu industri.
  3. Memberikan informasi dan melakukan kegiatan pariwisata di luar negeri.
  4. Membuat peraturan dan menentukan standar hotel serta restoran yang lazim dalam dunia kepariwisataan.
  5. Melakukan pengawasan terhadap semua kegiatan perusahaan perusahaan yang bergerak dalam industri pariwisata.
  6. Mengadakan pemasaran dan promosi kepariwisataan ke luar negeri.
  7. Melakukan dan mengadakan hubungan dengan kegiatan kepariwisataan internasional.
  8. Mengembangkan dan membina daerah-daerah tujuan wisata yang potensial.
  9. Membuat perencanaan serta mengambil kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan, penelitian, pemasaran, dan promosi kepariwisataan.

Secara umum, fungsi suatu organisasi kepariwisataan nasional adalah sebagai berikut.

  1. Lembaga yang bertanggung jawab terhadap maju dan mundurnya pariwisata sebagai suatu industri di negara tersebut.
  2. Lembaga yang bertanggung jawab atas perencanaan, pengembangan, pembinaan, dan promosi kepariwisataan, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.
  3. Badan yang harus bertanggung jawab untuk mengadakan penelitian, terutama memperbaiki produk yang telah ada dan mengembangkan produk baru sesuai dengan permintaan pasar.
  4. Badan yang melakukan koordinasi dan kerja sama dengan departemen yang banyak kaitannya dengan kegiatan kepariwisataan.
  5. Badan yang mewakili negara dalam kegiatan kepariwisataan internasional.
  6. Badan yang bertanggung jawab dan berkewajiban menyebarluaskan arti dan pengertian pariwisata kepada masyarakat luas, terutama arti pentingnya bagi perekonomian bangsa dan pembangunan daerah.

Untuk mendapatkan file materi Kepariwisataan Kelas X SMK Bab 6 tentang Organisasi Kepariwisataan Subbab A Pengertian Organisasi Kepariwisataan silahkan unduh filenya yang sudah kami kemas dalam bentuk pdf di bawah ini.

Materi Berikutnya :B Berbagai Organisasi Kepariwisataan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »