Silabus Konsep Dasar Keperawatan Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 201 |
Silabus SMK Revisi 2017 - Silabus Konsep Dasar Keperawatan Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial Program Keahlian Keperawatan Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan (C2)
Kurikulum 2013 pada jenjang SMK didesain dengan tujuan membekali siswa agar berkompeten pada paket keahlian masing-masing yang meliputi pengetahuan, Keterampilan dan juga sikap. Untuk mencapai tujuan tersebut di perlukan media yang sesuai dan tepat. Dari beberapa media yang dugunakan adalah berupa bahan ajar, bahan ajar SMK selain di pakai sebagai sumber belajar bagi siswa juga dapat di jadikan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan belajar. Untuk sekolah menengah kejuruan, bahan ajar merupakan media informasi yang rasakan efektif karena isinya yang lengkap, padat dan mudah di pahami bagi siswa. sehingga proses pembelajaran yang tepat guna akan dapat di capai.
Untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran selain mempunyai bahan ajar yang sesuai dengan mata pelajarannya para rekan guru juga di tuntut untuk menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan langkah yang sudah di tetapkan oleh pemerintah. salah satu peranggkat pembelajaran yang harus disusun oleh para rekan guru adalah silabus pembelajaran yang harus sinkron dengan bahan ajarnya. sebagai rekomendasi dari saya berikut saya bagikan silabus Konsep Dasar Keperawatan Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 terbaru sesuai dengan DIRJEN PSMK NO. 330 TAHUN 2018.
Silabus Konsep Dasar Keperawatan Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun dan disesuiakan dengan bahan ajar Konsep Dasar Keperawatan. Dalam Silabus Konsep Dasar Keperawatan Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini juga di jelaskan materi teori dan praktik selain itu dalam silabus Konsep Dasar Keperawatan kelas 10 smk ini juga sudah di kembangkan menjadi tujuh kolom yang tentunya sesuai dengan penerapan dalam kurikulum 2013.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Asisten Keperawatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Asisten Keperawatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Berikut ini Kompetensi Dasar dari mata pelajaran Konsep Dasar Keperawatan Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial Program Keahlian Keperawatan Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan (C2).
Kurikulum 2013 pada jenjang SMK didesain dengan tujuan membekali siswa agar berkompeten pada paket keahlian masing-masing yang meliputi pengetahuan, Keterampilan dan juga sikap. Untuk mencapai tujuan tersebut di perlukan media yang sesuai dan tepat. Dari beberapa media yang dugunakan adalah berupa bahan ajar, bahan ajar SMK selain di pakai sebagai sumber belajar bagi siswa juga dapat di jadikan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan belajar. Untuk sekolah menengah kejuruan, bahan ajar merupakan media informasi yang rasakan efektif karena isinya yang lengkap, padat dan mudah di pahami bagi siswa. sehingga proses pembelajaran yang tepat guna akan dapat di capai.
Untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran selain mempunyai bahan ajar yang sesuai dengan mata pelajarannya para rekan guru juga di tuntut untuk menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan langkah yang sudah di tetapkan oleh pemerintah. salah satu peranggkat pembelajaran yang harus disusun oleh para rekan guru adalah silabus pembelajaran yang harus sinkron dengan bahan ajarnya. sebagai rekomendasi dari saya berikut saya bagikan silabus Konsep Dasar Keperawatan Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 terbaru sesuai dengan DIRJEN PSMK NO. 330 TAHUN 2018.
Silabus Konsep Dasar Keperawatan Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun dan disesuiakan dengan bahan ajar Konsep Dasar Keperawatan. Dalam Silabus Konsep Dasar Keperawatan Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini juga di jelaskan materi teori dan praktik selain itu dalam silabus Konsep Dasar Keperawatan kelas 10 smk ini juga sudah di kembangkan menjadi tujuh kolom yang tentunya sesuai dengan penerapan dalam kurikulum 2013.
Komponen Silabus Konsep Dasar Keperawatan Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini terdiri dari Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator pencapaian Kompetensi, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Alokasi waktu, Sumber Belajar dan Teknik Penilaian.Download juga RPP Konsep Dasar Keperawatan Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Asisten Keperawatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Asisten Keperawatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Berikut ini Kompetensi Dasar dari mata pelajaran Konsep Dasar Keperawatan Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial Program Keahlian Keperawatan Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan (C2).
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami Keperawatan
4.1 Mengelompokkan profesi Keperawatan
3.2 Menganalisis Kebutuhhan biologis manusia
4.2 Melakukan identifikasi kebutuhan biologis manusia
3.3 Menganalisis kebutuhan psiko-spiritual manusia
4.3 Melakukan identifikasi kebutuhan psiko-spiritual manusia
3.4 Menganalisi kebutuhan sosio-kultural manusia
4.4 Melakukan identifikasi kebutuhan sosio-kultural manusia
3.5 Mengevaluasi keunikan sikap individu terhadap respon sakit dan stress adaptasi
4.5 Melakukan penilaian keunikan sikap individu terhadap respon sakit dan stress adaptasi
3.6 Menerapkan layanan keperawatan
4.6 Memberikan layanan keperawatan
3.7 Menganalisis pertumbuhan dan tugas-tugas perkembangan bayi (0-1 tahun )
4.7 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan bayi ( 0-1 tahun )
3.8 Menganalisis pertumbuhan dan tugas-tugas perkembangan usia batita (1-3 tahun)
4.8 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan usia pra sekolah (1-3 tahun)
3.9 Menganalisis pertumbuhan dan tugas-tugas perkembangan usia pra sekolah (3-5 tahun)
4.9 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan usia pra sekolah (3-5 tahun)
3.10 Menganalisis pertumbuhan dan tugas-tugas perkembangan usia sekolah (5-12 tahun)
4.10 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan usia sekolah (5-12 tahun)
3.11 Menganalsis pertumbuhan dan tugas-tugas perkembangan usia remaja (12-18 tahun)
4.11 Melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan usia remaja (12-18 tahun)
3.12 Menganalisis pertumbuhan dan tugas-tugas perkembangan usia dewasa
4.12 Melakukan Pemeriksaan Pertumbuhan dan Perkembangan Usia Dewasa
3.13 Menganalisis pertumbuhan dan tugas-ugas perkembangan usia lanjut
4.13 Melakukan Pemeriksaan Pertumbuhan dan Perkembangan Usia Lanjut
Untuk mendapatkan Silabus Konsep Dasar Keperawatan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial Program Keahlian Keperawatan Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan (C2) silahkan download filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkapnya silahkan kunjungi halaman Disini.